Dua Daerah di Padang Terendam Banjir, Berikut Lokasinya

id Banjir

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc/17)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat, Edi Hasymi mengatakan dua titik di kota itu tergenang banjir setinggi 30 centimeter akibat hujan yang berlangsung sejak siang hari.

"Kedua lokasi itu yakni kawasan Tanjung Aur kecamatan Koto Tangah dan Komplek Bungo Mas Dadok Tunggul Hitam digenangi oleh air setinggi 30 sentimeter, tim sudah bergerak ke lokasi tersebut" kata dia saat dikonfirmasi di Padang, Senin.

Menurut dia beberapa kawasan juga tergenang banjir, namun ketinggiannya tidak seperti di dua lokasi tersebut. Pihaknya saat ini masih melakukan pengawasan di seluruh wilayah kota.

"Informasi yang didapat sementara hanya dua lokasi ini yang ketinggian genangan air cukup tinggi," kata dia.

Ia menjelaskan beberapa kawasan yang merupakan kawasan rawan banjir seperti Jondul Rawang Kecamatan Padang Selatan sejauh ini masih aman meskipun hujan deras mengguyur kota sejak siang hari.

"Selain personel yang bertugas di lapangan. Kami terus melakukan koordinasi dengan Komunitas Siaga Bencana (KSB) yang ada di setiap kelurahan di kota itu serta komunitas bencana lainnya. Apabila terjadi bencana kita langsung melakukan tindakan," ujarnya.

Selain itu, imbuhnya hujan kini sudah reda di sebagian daerah di Kota Padang dan sebagian lagi masih hujan dengan intensitas ringan.

"Kami terus melakukan pengawasan. Kami memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) yang selalu bersiaga penuh melakukan pengawasan dan penindakan apabila terjadi bencana," katanya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar menyatakan sebagian besar wilayah di pesisir pantai provinsi itu berpotensi hujan lebat disertai petir dan kilat pada 21 hingga 23 Agustus 2017.

"Khusus untuk hari ini, hujan diperkirakan masih turun hingga pukul 17.00 WIB, namun potensinya masih ada hingga tiga hari ke depan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiaji.

Ia menyebutkan daerah Pesisir Pantai Barat yang dilanda hujan itu yakni Kepulauan Mentawai, Agam, Padangpariaman, Kota Pariaman, Padang, dan Pesisir Selatan.

Selanjutnya dapat meluas ke wilayah Bukittinggi, Padang Panjang, Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan sekitarnya dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir dan kilat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar