Meski Diguyur Hujan, Peserta Pawai Alegoris di Agam Tetap Semangat

id PAWAI KEMERDEKAAN

Meski Diguyur Hujan, Peserta Pawai Alegoris di Agam Tetap Semangat

Ilustrasi - Kendaraan hias melintas saat pawai kemerdekaan di Jl Sudirman, Padang, Sumatera Barat, Jumat (18/8). Pawai tersebut digelar Pemprov Sumbar dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 RI. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/17.)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pelaksanaan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Repblik Indonesia ke-72 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, diguyur hujan cukup deras namun para peserta tetap semangat mengikuti kegiatan tahunan itu.

Pawai alegoris dengan mengelilingi Kota Lubukbasung yang diikuti ribuan peserta itu dan dilepas Wakil Bupati Agam, Tirnda Farhan Satria, Senin.

"Meskipun hujan deras, tidak menyurutkan semangat ribuan peserta dan warga yang menyaksikan kegiatan itu," kata Trinda Farhan Satria di Lubukbasung.

Peserta pawai ini berasal dari pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, TNI dan lainnya.

Pawai alegoris itu menampilkan kesenian tradisional Minangkabau, petunjukan pencak silat dan lainnya.

"Para peserta menggunakan pakaian adat Minangkabau, baju perjuangan dan lainnya," katanya.

Trinda berharap kegiatan ini tidak sekedar perayaan seremoni, melainkan sebagai media bagi masyarakat dalam menjalin silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah di antara sesama dalam membangun jiwa nasionalisme.

"Kegiatan ini untuk memaknai kembali perjuangan pahawan. Untuk itu masyarakat diminta agar menjaga persatuan dan kesatuan demi terlaksanannya pembangunan di Agam," katanya.

Salah seorang warga Lubukbasung, Herawati (46), mengatakan, hujan bukan penghalang baginya dan warga yang lain untuk menyaksikan pawai tersebut.

Namun yang terpenting kegiatan itu berjalan dengan sukses karena kegiatan tersebut hanya satu kali dalam setahun, katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar