Lapas Pariaman Latih Narapidana Keterampilan Praktis

id Keterampilan napi

Lapas Pariaman Latih Narapidana Keterampilan Praktis

Napi dibekali keterampilan membuat alat perabot rumah tangga. (cc)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, melatih para narapidana di daerah itu dengan berbagai keterampilan praktis agar memiliki kemampuan membuka usaha setelah menjalani masa hukuman.

"Berbagai keterampilan praktis yang diajarkan seperti bercocok tanam, perbengkelan, membuat alat perabot rumah tangga dan budi daya ikan air tawar," kata Kepala Lapas setempat Pudjiono Gunawan, di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan pemberian keterampilan tersebut diberikan kepada seluruh warga binaan sesuai minat dan kemauan masing-masing.

Secara umum ia menjelaskan pemberian keterampilan tersebut merupakan bentuk dari pembinaan kepribadian dan kemandirian setiap narapidana.

"Semua kegiatan tersebut dilakukan oleh semua warga binaan agar mereka tidak canggung saat kembali ke masyarakat luas," ujar dia.

Berbagai hasil kerajinan yang dihasilkan diantaranya lemari kayu, guci yang terbuat dari serbuk kayu dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Hasil kerajinan para narapidana tersebut katanya, belum bisa terpasarkan secara luas. Pada umumnya hasil produksi tersebut baru dibeli oleh keluarga warga binaan yang berkunjung.

Selain melatih keterampilan praktis, para warga binaan juga dibekali pembinaan kepribadian pendalaman mental yang mengarah kepada nilai-nilai spritual para warga binaan.

Penerapannya seperti mengadakan ceramah agama kepada narapidana, solat berjamaah, dan membaca Al Quran pada waktu tertentu.

Terpisah Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) setempat Gusniyetti Zaunit mengatakan berbagai kerajinan para narapidana tersebut memiliki nilai jual ekonomi.

Pihaknya menyarankan agar pihak Lapas setempat melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar hasil kerajinan tersebut bisa dipasarkan secara luas. (*)