Pemprov Beri Penghargaan Penyuluh Pertanian Solok Selatan

id PENGHARGAAN PENYULUH

Pemprov Beri Penghargaan Penyuluh Pertanian Solok Selatan

Penyuluh pertanian yang menerima penghargaan dari pemprov Sumbar foto bersama. Penyuluh pertanian Joni Pardilo mendapat peringkat dua sebagai penyuluh PNS teladan. (ANTARA SUMBAR/Ist)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memberikan penghargaan kepada tiga orang penyuluh pertanian teladan di Solok Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi di Padang Aro Minggu mengatakan, pada penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat yang mendapat penghargaan adalah Joni Pardilo sebagai Penyuluh PNS Teladan Terbaik II tingkat Propinsi.

Selanjutnya, Penyuluh THL (non PNS) terbaik III atas nama Aang Kurniawan dan penyuluh swadaya terbaik III atas nama Yan Bachter.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Chandra di BPPT Sumbar, Kamis (17/8/2017), dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-72 di Padang

"Untuk prestasi terbaik II diberikan uang pembinaan sebesar Rp5,5 juta, sedangkan terbaik III masing-masing mendapatkan Rp4,5 juta," katanya.

Selain itu, Solok Selatan juga mendapatkan penghargaan kategori lainnya, yakni kelompok UP3HP Melati Kecamatan Pauh Duo yang berhasil mendapatkan Harapan III terbaik.

Selanjutnya, Kelompok tani padi Harapan Maju Koto Parik Gadang Diateh dan Kelompok tani jagung Jambak Saiyo Sangir masing-masing juga mendapatkan Juara Harapan I dan II.

Penilaian sendiri didasarkan kepada kreatifitas di lapangan, administrasi yang lengkap, dan faktor lainnya.

"Dengan raihan prestasi ini diharapkan menjadi dorongan dan semangat untuk berkarya demi mensejahterakan petani, serta menjadi motivasi bagi penyuluh lainnya," ujarnya.

Kepada media, Joni Pardilo yang berhasil menjadi Penyuluh Teladan Terbaik II tersebut mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan prestasi yang diperoleh.

"Ini menjadi pelecut bagi kami para penyuluh, untuk berbuat yang lebih baik membantu kemajuan pertanian di Solok Selatan," katanya. (*)