Masyarakat Pasaman Barat Antusias Ikuti Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke-72

id Pawai

Masyarakat Pasaman Barat Antusias Ikuti Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke-72

Salah satu penampilan anak-anak SD saat pawai alegoris dalam rangka perayaan HUT RI Ke-72 di Pasaman Barat. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Masyarakat Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) antusias merayakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 dengan menggelar berbagai kegiatan.

"Kita sengaja menyusun berbagai kegiatan dalam rangka perayaan HUT sebagai bentuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Sabtu.

Ia menyebutkan dari berbagai kegiatan yang telah diadakan cukup mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Terutama pawai alegoris dan pawai pembangunan pada Jumat (18/8).

"Pada Minggu (20/8) kita akan melaksanakan kegiatan sepeda santai yang merupakan puncak kegiatan HUT RI ke-72 pada 2017. Diperkirakan ratusan peserta akan mengikutinya," katanya.

Ia menyebutkan pada pawai alegoris diikuti oleh puluhan siswa Paud, TK, SD, SMP dan SMA di Pasaman Barat.

Sedangkan Pawai pembangunan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Pasaman Barat. Pawai tersebut langsung dilepas oleh Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Sekretaris Daerah, Manus Handri, Ketua PKK Ny. Yun Syahiran, Ketua GOW Ny. Sifrowati Yulianto dan Waka Polres, Kompol Sukirman.

"Anak-anak kita ini dengan penuh semangat menampilkan berbagai jenis pakaian adat, profesi, yang menunjukkan kesatuan dan persatuan," ujarnya.

Menurutnya tugas pemerintah salah satunya mewariskan dan melanjutkan semangat kemerdekaan kepada penerus bangsa.

Apa yang diperjuangkan oleh pahlawan dahulu belum sebanding dengan yang dildilakukan saat ini.

"Mengisi kemerdekaan lebih sulit dari pada meraih kemerdekaan. Kita wajib mengenalkan bangsa ini kepada anak usia dini, kepada semua kalangan. Sehingga generasi kita tahu dengan NKRI, rasa nasionalisme terus ditingkatkan," tegasnya.

Sedangkan Pawai pembangunan diikuti oleh 30 mobil Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pawai pembangunan tersebut menampilkan tugas pokok dan fungsi dari OPD tersebut.

Pemenang rangkaian HUT RI di Pasaman Barat akan di umumkan pada tanggal 20 Agustus malam. Rangkaian HUT RI di Pasaman Barat dimeriahkan berbagai lomba, olahraga, volly, sepakbola, lomba cipta menu dan lomba qasidah.(*)