Satpol Air Polres Agam Gelar Lomba Perahu Tradisional Meriahkan HUT RI

id Lomba Perahu Tradisional

Satpol Air Polres Agam Gelar Lomba Perahu Tradisional Meriahkan HUT RI

Salah satu tim memasuki garis finis pada lomba perahu tradisional yang digelar Satpol Air Polres Agam di Sungai Batang Antokan, Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Jumat (18/8). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Satuan Polisi Air (Satpol Air) Polres Agam, Sumatera Barat, menggelar lomba perahu tradisional dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Satpol Air Polres Agam, AKP Irwandi Idam di Lubukbasung, Jumat, mengatakan lomba yang diadakan di Sungai Batang Antokan, Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara diikuti sebanyak 32 tim terdiri dari 64 peserta dari warga Tiku Lima Jorong.

"Satu tim berjumlah dua orang dan penentuan tim dilakukan secara loting," katanya.

Bagi juara pertama nantinya akan mendapatkan tabanas sebesar Rp400 ribu, juara dua Rp300 ribu dan juara tiga Rp200 ribu.

"Tabanas itu berasal dari bantuan Koperasi Unit Desa (KUD) Tiku Lima Jorong dan pihak lain," tambahnya.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Satpol Air Polres Agam dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan dan mencari atlet dayung berprestasi di Tiku Lima Jorong.

Dengan kegiatan itu, pihaknya berharap akan lahir atlet dayung berprestasi yang akan membela Agam pada lomba perahu tingkat provinsi dan nasional.

"Ini yang kita harapkan dari kegiatan tersebut dan lomba ini akan kita gelar setiap tahunnya," katanya.

Tokoh Masyarakat Tiku Lima Jorong, Abdul Muis memberikan apresiasi kepada Satpol Air Polres Agam yang telah menggelar kegiatan itu.

"Kita siap memberikan dukungan berupa material agar lomba tersebut berjalan dengan baik," katanya yang juga Pembina KUD Tiku Lima Jorong.

Sebelumnya, KUD Tiku Lima Jorong juga mengadakan lomba makan kerupuk, panjat pinang, bola voli dan lainnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

"Dana untuk kegiatan itu berasal dari KUD Tiku Lima Jorong dan kita juga menggelar upacara detik-detik kemerdekaan di halaman kantor KUD Tiku Lima Jorong," katanya. (*)