Dua Seniman Sumbar "Rekam" Kemeriahan Pawai HUT RI di Kanvas

id pawaialegorissumbar

Dua Seniman Sumbar "Rekam" Kemeriahan Pawai HUT RI di Kanvas

Dua seniman menyerahkan lukisan "rekaman" kegiatan pawai alegoris kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Jumat. (istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Dua orang seniman Sumatera Barat masing-masing Os Mulyadi dan Iswandi "merekam" kemeriahaan pawai alegoris Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 RI pada kanvas sebagai dokumen pelaksanaan kegiatan.

"Lukisan langsung dibuat pada saat pawai alegoris mulai start di GOR Agussalim dan diselesaikan saat mencapai depan tenda kehormatan di depan kantor gubernur," kata ketua pelaksana pawai alegoris di Sumbar, Taufik Effendi di Padang, Jumat.

Gambar berupa Burung Garuda dihiasi ukiran khas Minang dan coretan-coretan menggambarkan kegiatan pawai tersebut diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

"Ini kali pertama dokumen kegiatan berupa lukisan," ujar dia.

Pawai alegoris memeriahkan hari kemerdekaan itu dimulai dengan penampilan sejumlah kesenian Minang serta barongsai. Sekitar 100 kendaraan hias dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perbankan, Sekolah dan relasi pemerintah lain juga ikut dalam iring-iringan.

Pawai tersebut mulai start dari GOR h. Agussalim dan berakhir di lapangan Imam Bonjol Padang.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengapresiasi pergelaran pawai alegoris yang menampilkan

kreatifitas peserta sehingga masyarakat antusias untuk menonton.

"Ini menunjukan kebersamaan masyarakat Sumbar tejalin baik, karena selain kreatifitas, juga tergambar kerukunan antar etnis dan umat beragama," kata dia.

Ia berharap semangat dan kebersamaan itu tetap terpelihara kedepannya.*