Pekanbaru Siap Luncurkan 40.000 Kartu Pintar Tingkatkan Pelayanan Publik

id smart card

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan untuk meluncurkan sebanyak 40.000 smart cardatau kartu pintar guna meningkatkan pelayanan masyarakat pada peluncuran perdana tahap pertama 2017 ini.

"Target kita 40.000 tahun ini. Tentu tetap melihat kesiapan Bank partnerkita," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian, Firmansyah Eka Putra di Pekanbaru, Kamis.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggagas untuk menerbitkan kartu pintar bernama Smart Madani. Kartu itu diklaim akan memiliki multi fungsi. Diantaranya adalah peningkatan pelayanan publik seperti kemudahan membayar pajak, fasilitas kesehatan, angkutan Trans Metro Pekanbaru, Pendidikan serta memudahkan transaksi non tunai.

Menurut dia, sebelumnya ada tiga Bank Nasional yang telah mengajukan diri menjadi penerbit kartu pintar itu. Namun, hingga peluncuran perdana atau "soft launching" usai upacara HUT RI di Kantor Wali Kota tadi, baru satu Bank yang menyatakan kesiapannya, yakni BNI.

"Tapi kita masih membuka pintu bagi Bank lain untuk bekerja sama menerbitkan kartu pintar ini," tuturnya.

Pada peluncuran perdana hari ini, ia mengatakan baru mengeluarkan ratusan kartu pintar yang dikhususkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pekanbaru.

"Bertahap kita mengeluarkan kartu ini. Karena kan harus beriringan dengan fasilitas pendukungnya. Tadi kita coba memanfaatkan kartu ini untuk naik Trans Metro Pekanbaru, dan berhasil," ujarnya.

Ke depan, sebagai pilot projectdia mengatakan penerima kartu akan diperluas ke kalangan pelajar dan masyarakat pengguna angkutan umum.

Selain meningkatkan pelayanan masyarakat, kartu pintar itu juga dimanfaatkan untuk meningkatkan gerakan masyarakat menabung, serta pengganti transaksi tunai dan bank data pribadi pemilik.

Khusus untuk pelajar sekolah, kartu itu dapat dijadikan sebagai sarana absensi. Dengan menempelkan kartu ke alat yang disediakan di sekolah, maka sistem secara langsung dapat mengirim pesan singkat ke orang tua siswa melalui ponsel. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar