Upacara, Renungan Malam 17 Agustus di Sijunjung

id #Renungan malam HUT RI

Upacara, Renungan Malam 17 Agustus di Sijunjung

Unsur Forkopimda menggelar upacara renungan malam menjelang detik detik proklamasi kemerdekaraan RI. (c)



Muaro (antarasumbar) Upacara renungan malam dan penghormatan kepada pahlawan bangsa, berlangsung di Taman Makam Pahlawan Puspa Bangsa, Pematang Panjang, Rabu malam.

Komandan Kodim 0310/SSD Irvan Yusri, sebagai inspektur renungan suci menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia yang juga dihadiri Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy, Ketua DPRD Sijunjung, Kapolres Sijunjung, Unsur Ferkopimda, Kepala OPD, Anggota TNI, POLRI dan Satpol PP, Wali Nagari Pematang panjang. Renungan suci secara rutin digelar setiap tahun pada 16 Agustus malam.

Acara tersebut sebagai penghormatan seluruh bangsa kepada para pahlawan. Renungan juga menandai dimulainya detik-detik proklamasi yang akan diperingati tepat pukul 10.00 WIB. HUT Indonesia dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Puspa Bangsa Pematang Panjang.

Dalam upacara itu, Irvan Yusri menyampaikan penghormatan tertinggi bagi para pahlawan yang dulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

"Kami nyatakan hormat sebesar-besarnya atas keiklasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kejayaan bangsa dan negara," tutur Irvan.

Kami bersumpah dan berjanji perjuangan pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan pengabdian saudara-saudara tempuh adalah jalan kami pula, Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara di terima oleh yang maha esa serta mendapat tempat yang layak di sisinya, tambahnya.

"Masukkanlah mereka dalam kelompok hamba-Mu yang berhak menikmati surga," harapnya.