Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Laksanakan Upacara HUT Kemerdekaan

id Upacara HUT RI

Para pedagang di Pasar Lereng, Pasar Atas Bukittinggi, melaksanakan upacara peringatan ke-72 HUT Kemerdekaan RI, Kamis(17/8). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Ratusan pedagang di kawasan Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis ikut menggelar upacara memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Upacara dilaksanakan di lapangan di belakang Pasar Lereng, Jalan Kumango Pasar Atas Bukittinggi, diikuti pedagang yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Pasar Lereng (P3L).

Komandan Upacara yang juga Sekretaris P3L Hengki mengatakan semua unsur upacara seperti pemimpin upacara, pengibar bendera hingga peserta berasal dari P3L.

"Selama upacara berlangsung, kami mewajibkan pedagang menghentikan aktvitas, selesai upacara disilakan kembali melanjutkan aktvitas berdagang," katanya.

Ia menerangkan para pedagang melakukan persiapan selama satu minggu sebelumnya dan dibantu anggota bintara pembina desa (babinsa) Pasar Atas.

Upacara pada hari ini merupakan kegiatan yang ke tiga kalinya. Para pedagang sebelumnya telah menghias pasar dengan memasang umbul-umbul dan gotong royong membersihkan lapangan lokasi upacara.

"Sebenarnya setiap tahun kami dari P3L selalu memeriahkan peringatan kemerdekaan seperti menggelar lomba permainan tradisional dan menghias pasar. Sementara pelaksanaan upacara baru dalam kurun tiga tahun ini," terangnya.

Melalui upacara yang diikuti 320 orang pedagang diharapkan akan meningkatkan kebersamaan antarpedagang dan mengingat kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa.

"Sehari-hari pedagang beraktivitas di pasar dan fokus berdagang. Persiapan perayaan kemerdekaan dan pelaksanaan upacara menjadi momen bagi kami meningkatkan silaturahim dan menumbuhkan semangat nasionalisme," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar