BUMN Bantu Kembangkan Destinasi Wisata Sumbar

id BUMN

BUMN Bantu Kembangkan Destinasi Wisata Sumbar

Peserta jalan sehat dalam rangka peringatan HUT ke 72 Republik Indonesia, di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang Sumatera Barat, minggu pagi (13/08). (ANTARA SUMBAR/FANDI)

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantu pengembangan pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan destinasi yang ada di provinsi itu.

"Pada tahun ini kami telah melakukan pengembangan pariwisata baik dalam bidang pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia di Sumbar," kata Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo di Padang, Minggu.

Ia menambahkan untuk pembangunan fisik pada tahun ini dilakukan di Pantai Purus, Kelok Sembilan dan Ngarai Sianok.

Untuk Pantai Purus, ujarnya pihaknya membangun kawasan pedestrian, bak sampah, toilet, pemasangan lampu, dan pagar.

"Dalam waktu dekat kami akan membuat tempat bilas setelah berenang di laut pada beberapa titik, dalam waktu dekat akan kita realisasikan," ujarnya.

Sedangkan untuk kawasan Ngarai Sianok pihaknya telah memperbaiki sejumlah lokasi pedagang yang berjualan di lokasi itu.

"Kami rapikan tempat mereka berjualan sehingga menjadi lebih indah dan nyaman dikunjungi," lanjutnya.

Sementara untuk kawasan Kelok Sembilan juga akan merapikan sejumlah lapak pedagang yang berada di kawasan tersebut.

"Seluruh program pengembangan pariwisata Sumbar itu dilakukan oleh sebanyak 23 BUMN di wilayah ini agar pariwisata sumbar dapat lebih berkembang," sebutnya.

Sedangkan untuk pengembangan sumber daya manusia, pihaknya telah melatih sebanyak 1.100 orang agar memiliki kemampuan sebagai pemandu wisata.

"Mereka akan dilatih berbahasa Inggris dan tata cara menjadi seorang pemandu wisata," katanya.

Dalam waktu dekat pihaknya juga berencana melakukan hal yang sama di beberapa kawasan wisata lainnya sehingga potensi wisata di Sumbar dapat dimanfaatkan secara optimal.

"Seluruh program tersebut berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR)untuk membangun Sumatera Barat," ujar Gatot.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengakui bahwa kontribusi BUMN untuk wilayah Sumbar cukup besar dan memberikan dampak langsung terhadap masyarakat.

"BUMN sangat berperan dalam melakukan pembangunan di provinsi ini, semoga mereka terus berbuat untuk masyarakat," terangnya. (*)