Menhub Sosialisasi Pembangunan Kepada Masyarakat

id Menteri perhubungan

Menhub Sosialisasi Pembangunan Kepada Masyarakat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Antara)

Wonosari, (Antara Sumbar) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyosialisasi sejumlah pencapaian pembangunan yang selama ini telah dan akan dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo kepada masyarakat menengah ke bawah.

"Tujuan dari sosialisasi ini adalah selain memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pelaksanaan pembangunan, juga untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya kepada pers di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu.

Sosialisasi dilakukan di bangsal Kantor Bupati Gunungkidul yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi, pejabat dan tokoh masyarakat Indonesia kawasan timur, serta ratusan masyarakat setempat.

Menhub mengatakan bahwa Pemerintah selama ini telah melakukan pembangunan berbagai bidang di seluruh daerah di Indonesia, dan pemerintah ingin apa yang telah dilakukan untuk kemajuan bangsa diketahui masyarakat secara luas.

"Untuk itu, kita juga mengundang pejabat dari Papua dan Sulawesi Utara untuk menceritakan pembangunan yang telah diraih dan mungkin juga kekurangannya," kata Budi.

Ia mencontohkan program Satu Harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dalam sosialisasi tersebut diundang pejabat dari Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, untuk menceritakan kemajuan program itu yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Demikian pula mengenai masih perlunya pembangunan bandar udara di kawasan itu, yang saat ini terdapat bandara yang memiliki panjang landasan hanya 600 meter dengan ketinggian lokasi 2.500 meter di atas permukaan laut.

"Padahal, transportasi udara memiliki arti penting di Papua sehingga perlu terus dikembangkan keberadaan bandara," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Menhub, masyarakat juga bisa mendapat paparan langsung mengenai dana desa Rp1 miliar per desa, yang oleh sebagian desa dtanggapi secara positif. Akan tetapi, juga ada yang menanggapi negatif.

Menurut rencana, kata Menhub, sosialisasi seperti ini secara bertahap akan dilakukan di seluruh provinsi dengan pemapar oleh sejumlah menteri.

"Saya kebetulan menteri yang pertama mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk memulai sosialisasi mengenai kemajuana pembangunan untuk bangsa," katanya. (*)