Wawako: Gerakan Pramuka Mampu Mempererat Kesatuan NKRI

id Genius Umar

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota (Wawako) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Genius Umar mengatakan gerakan pramuka memiliki peran strategis dalam mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Salah satu perwujudannya melalui kegiatan Raimuna Nasional ke-11 di Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur dan kontingen Kota Pariaman turut berkontribusi," kata dia di Pariaman, Jumat.

Ia menyebutkan terdapat 24 kontingen duta pramuka daerah itu mengikuti Raimuna Nasional yang berlangsung pada 14 hingga 21 Agustus 2017.

"Terdapat 24 kontingen dan telah dilepas secara resmi pada Jumat sore," ujarnya.

Ia menyampaikan kegiatan itu merupakan wadah yang sangat tepat dalam membangun dan mengembangkan sikap serta prilaku generasi muda pada hal-hal positif.

"Kegiatan ini memiliki peran strategis bagi gerakan pramuka dalam upaya memupuk rasa persaudaraan, persahabatan dan perdamaian sehingga hendaknya para kontingen daerah memanfaatkan momentum itu sebaik mungkin," katanya.

Apalagi secara keseluruhan kegiatan diikuti oleh sekitar 15.000 kontingen se-Indonesia yang berasal dari beragam suku, daerah dan budaya.

"Ini juga sesuai dengan tema Raimuna Nasional ke-11 yakni Kreatif, Inovatif dan Berkarakter," ujarnya.

Ia mengatakan hendaknya para duta pramuka Kota Pariaman yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menjaga nama baik daerah serta meraih ilmu dan prestasi.

"Tunjukkan bahwa pramuka Kota Pariaman memiliki kemampuan, disiplin dan dedikasi tinggi terhadap gerakan pramuka dan bermanfaat dalam membangun daerah," katanya.

Sehingga, kata dia, para kontingen tersebut dapat menjadi kebanggaan pula bagi pramuka di sekolah dan daerah asal mereka.

Selain itu, hendaknya para duta pramuka asal Kota Pariaman juga memberikan kontribusi maksimal dalam hal-hal terkait kepada rekan-rekan serta daerah setelah memperoleh ilmu di Cibubur, katanya.

Sebagai bentuk kontribusi yang dapat dilakukan yaitu mengenalkan berbagai potensi pariwisata daerah itu. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar