Agam Lakukan Pemeliharaan Jalan Sepanjang 90 Km

id perbaikan jalan

Ilustrasi - Peningkatan dan pemeliharaan jalan. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tahun ini melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan kabupaten kelas C sepanjang 90 kilometer dengan dana sebesar Rp80 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang setempat, Hermon Triyoga di Lubukbasung, Jumat, mengatakan dari 90 km itu untuk peningkatan jalan sepanjang 60 kilometer, dan pemeliharaan sepanjang 30 kilometer.

Ia menjelaskan pemeliharaan dan peningkatan jalan itu tersebar di 16 kecamatan, dan telah dilakukan semenjak Maret 2017.

Saat ini kondisi pekerjaan jalan telah mencapai sekitar 80 persen, diharapkan menjelang akhir tahun nanti akan selesai.

Proyek infrastruktur itu terbagi kepada 23 paket pekerjaan. Dengan dibangunnya jalan ini, maka ruas jalan kabupaten yang telah diperbaiki sepanjang 1.544,03 kilometer dari 1.694,03 kilometer jalan kelas C di daerah itu.

"Saat ini ada sekitar 150 kilometer lagi yang butuh diperbaiki, dan akan diusulkan untuk diperbaiki pada 2018," katanya.

Selain peningkatan dan pemeliharaan jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang juga membangun empat unit jembatan untuk mendukung usaha pertanian masyarakat dengan dana sebesar Rp11 miliar.

Pembangunan ini berdasarkan usulan warga pada musrenbang nagari (desa adat) , kecamatan dan kabupaten.

Setelah itu, masuk pada rencana kerja Pemkab Agam dan anggaran telah tersedia pada APBD.

Dengan pembangunan itu, maka akses transportasi masyarakat untuk membawa hasil pertanian, perkebunan dan lainnya akan lancar.

Anggota DPRD Agam, Helmon berharap dinas terkait selalu melakukan pengawasan setiap saat agar pekerjaan sesuai dengan rencana yang tertuang pada kontrak kerja.

Selain itu, pengerjaan harus sesuai target agar dapat digunakan masyarakat dengan tepat waktu.

"Ini harus dilakukan dinas terkait agar pekerjaan berjalan baik," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar