Kapolda: Polisi Jangan Lakukan Penyimpangan Sekecil Apapun

id Kapolda

Kapolda: Polisi Jangan Lakukan Penyimpangan Sekecil Apapun

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal foto bersama Wali Kota Solok, Zul Elfian dan Kapolres Solok Kota Dony Setiawan dalam kunjungan kerja ke Kota Solok, Kamis (10/8). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal mengingatkan anggota kepolisian setempat untuk tidak melakukan penyimpangan sekecil apapun, karena kesalahan kecil pun dapat mengurangi kepercayaan masyarakat kepada institusi itu.

"Peringatan ini sudah saya sampaikan di semua kesempatan agar semua anggota kepolisian dapat bertugas dengan baik di lapangan tanpa cacat," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Solok Kota, di Solok, Kamis.

Ia meminta semua anggota polisi agar berperilaku baik dan terpuji dalam melaksanakan tugas, jangan sampai ada lagi pandangan buruk masyarakat terhadap institusi kepolisian.

Saatnya semua anggota menumbuhkan kepercayaan masyarakat dengan cara meningkatkan kinerja dan membantu masyarakat dalam mengatasi persoalan keamanan, ketertiban dan lainnya.

"Kultur polisi juga harus diubah, hindari penyimpangan, tuntaskan semua laporan masyarakat yang perlu diproses sampai tuntas," ujarnya.

Karena apabila laporan masyarakat ditindaklanjuti dengan baik, dan diselesaikan sesuai porsinya tentu akan menambah kepercayaan masyarakat kepada kepolisian.

Anggota polisi juga harus selalu menjaga soliditas internal, karena apabila semua personel solid apa pun permasalahan akan mampu terselesaikan.

Ia menyebutkan dalam masa kerjanya yang baru masuk tujuh bulan akan mengunjungi 19 kantor polres kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

"Hingga saat ini saya telah mengunjungi 11 kantor polres, dan masih ada delapan lagi yang belum dikunjungi," ujarnya.

Terkait instruksi Presiden Joko Widodo kepada kepolisian untuk terlibat dalam mengawasi dana desa, Kapolda mengatakan semua instruksi presiden akan dilaksanakan.

"Dana desa akan diawasi secara berjenjang dari atas ke bawah, apabila ada penyimpangan akan ditangani dan diusut tuntas," tegasnya. (*)