Kementan Bantu Petani 15 Traktor Tangan

id Hermanto

Kementan Bantu Petani 15 Traktor Tangan

Hermanto. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kementerian Pertanian RI membantu kelompok tani di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sebanyak 15 traktor tangan dalam upaya pencapaian swasembada beras.

"Bantuan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan swasembada beras sehingga ketahanan pangan masyarakat makin kuat dan tidak bergantung lagi pada luar negeri," kata anggota DPR RI Hermanto saat penyerahan bantuan di Pagaruyung, Kamis.

Anggota Komisi IV DPR RI itu mengharapkan bantuan dari pemerintah melalui dana hibah APBN 2017 dapat bermanfaat bagi anggota kelompok tani dengan baik sehingga lebih meningkatkan hasil pertanian, khususnya padi.

Ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pertanian setempat atas surplus pangan, khususnya padi. Bahkan, sebanyak 70 persen produksi pertanian mereka jual keluar daerah.

"Sektor pertanian sudah menjadi penopang utama perekonomian di Kabupaten Tanah Datar sehingga perlu terus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah setempat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanah Datar Hardiman menyampaikan terima kasih kepada anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Sumbar Hermanto atas perhatiannya kepada petani di daerah ini.

"Bantuan yang diberikan pemerintah pusat sejalan dengan skala prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang juga menitikberatkan pada sektor partanian," katanya.

Ia menyebutkan sekitar 75 persen masyarakat Tanah Datar menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Potensi ini merupakan rahmat yang besar bagi daerah.

"Kepada kelompok tani yang menerima bantuan, hendaknya dapat menggunakannya dengan baik serta merawat dan memeliharanya dengan semestinya," katanya.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani menegaskan bahwa bantuan peralatan pertanian itu untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

"Dengan adanya bantuan ini, kelompok tani bisa terbantu dalam meningkatkan hasil produksinya," katanya.

Menurut dia, selama ini bantuan alat pertanian tersebut jarang diberikan langsung kepada kelompok tani, dan sekarang diberikan langsung kepada kelompok untuk kesejahteraan petani.

"Sebanyak 15 unit traktor tangan ini nilainya cukup besar. Semoga kelompok tani bisa menjaga dan merawat alat pertanian ini untuk kesejahteraannya," katanya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanah Datar Nelita Yelda menyebutkan 15 kelompok tani yang menerima bantuan tersebut adalah Tani Sejahtera dan Ekor Koto Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Sawah Nungadiang Padang Laweh Sungai Tarab, Sawah Puding, Balerong Sari, Harapan Bersama Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan.

Selain itu, Keltan Kaffa dan Tambilang Basi Nagari Rao Rao Kecamatan Sungai Tarab, Bandar Baru dan Sawah Dibaruah Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan, Padang Sambang Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan, Pucuak Banto dan Batu Nyariang Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, KWT Pinang Sitangkai Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, dan Keltan Sawah Kosiak Nagari Tanjuang Kecamatan Sungayang.

Selain 15 unit traktor tangan, bantuan yang akan diserahkan berupa dua unit "corn sheller" atau mesin pemipil jagung, dua unit "transplanter", dua unit "combine harvester", lima unit pompa air, dan dua unit UPPO untuk pengolahan pupuk organik.

Ikut menyaksikan penyerahan bantuan tersebut mantan anggota DPRD Tanah Datar Ade Raunas, pejabat Dinas Pertanian, dan 15 ketua keltan penerima bantuan. (*)