Pedagang Bendera Musiman Bermunculan Jelang Perayaan Kemerdekaan

id jual bendera

Padang, 16/8 - Seorang pedagang memajang bendera di pinggir jalan jelang HUT RI ke-67 pada 17 Agustus 2012. Pedagang musiman ini menargetkan penjualan harus habis, jika tidak harus menunggu tahun depan. Bendera ukuran besar dijual Rp75 ribu dan yang kecil Rp45 ribu. Foto ANTARA SUMBAR/Eko Fajri/12. ()

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Para pedagang bendera musiman di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, bermunculan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada 17 Agustus 2017.

Di sepanjang jalan Lintas Sumatera KM 2 Pulau Punjung, Kamis, terlihat para pedagang memajang bendera Merah Putih dengan berbagi jenis, dan umbul-umbul khas perayaan HUT RI dalam berbagai ukuran.

Pemandangan yang sama juga terlihat di Jalan Lintas Sumatera di Simpang Empat Sikabau, dan Jalan Lintas Sumatera atau tepatnya depan Bank Nagari Cabang Koto Baru.

"Harga kami jual bervariasi mulai dari Rp5 ribu hingga Rp45 ribu, tergantung ukuran dan jenisnya. Sedangkan untuk harga umbul-umbul yang paling mahal Rp100 sampai Rp150 ribu, tergantung kualitas bahan dasarnya," kata salah seorang pedagang bendera musiman, HepriSon (36).

Menurut dia untuk saat ini penjualan sudah mulai ramai. Biasanya penjualan baru akan meningkat tiga hari menjelang 17 Agustus.


"Alhamdulillah sudah banyak yang laku, satu hari dapat menjual 10 sampai 15 bendera, itu bendera yang biasanya dipasang di depan rumah, sedangkan untuk yang lainnya belum banyak pembeli," katanya.

Hal senada juga disampaikan pedagang lainnya, Pak Con (50) yang mengakui setiap menjelang HUT Kemerdekaan rutin berjualan bendera dengan berbagai hiasanm

Ia mengungkapkan sudah tiga kali menjual bendera menjelang HUT Kemerdekaan dan hasil yang didapat lumayan besar.

Dia menjajakan dagangannya di trotoar titik keramaian dan mengikat bendera di pohon sehingga menarik parhatian masyarakat.

"Hasil penjualan tahun kemarin lumayan, omzetnya mencapai Rp3 juta. Biasanya tiga hari sebelum 17 Agustus baru sibuk melayani pembeli dan orderan," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska mengimbau masyarakat daerah itu untuk memasang bendera merah putih di depan rumah. Serta menggelar kegiatan seni dan budaya di lingkungan masing-masing.

"Ini untuk menyemarakan pelaksanaan ulang tahun RI ke-72," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar