Dishub Berikan Penyuluhan Bagi Sopir Angkutan Umum

id penyuluhan sopir

Dishub Berikan Penyuluhan Bagi Sopir Angkutan Umum

Pembekalan dan penyuluhan bagi sopir angkutan umum guna menjaga keamanan serta kenyamanan bagi masyarakat yang menjadi penumpang oleh Dinas Perhubungan kabupaten Limapuluh Kota. (Antara Sumbar/Mardikola Tri Rahmad)

Sarilamak, (Antara Sumbar) - Dinas Perhubungan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pembekalan dan penyuluhan bagi sopir angkutan umum, agar dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpangnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan setempat Yuniwal di Sarilamak, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para sopir tentang berbagai aspek berkendara, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Seluruh rangkaian kegiatan penyuluhan bagi para supir angkutan umum tahun ini dapat terlaksana dengan lancar. Penyuluhan itu dilaksanakan dalam bentuk pemilihan Abdi Yasa teladan," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan minat masyarakat untuk memakai angkutan umum, dan minat masyarakat itu dipengaruhi oleh tiga hal, yakni keamanan, kenyamanan serta tepat waktu.

Kemudian juga untuk meningkat kesadaran para sopir, dimana keselamatan penumpang menjadi tanggungjawab utama bagi pengemudi.

Ketentuan tersebut juga telah diatur dalam undang-undang tentang lalu lintas, dimana disebutkan pengemudi bertanggungjawab atas kerugian yang diderita penumpang karena kelalaiannya.

Menurutnya kegiatan itu pada prinsipnya dilaksanakan sebagai salah satu bentuk partispasi pemerintah daerah dalam mendukung serta memenuhi program kegiatan pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat provinsi maupun nasional.

"Hal ini dapat dibuktikan dimana setiap peserta Abdi Yasa teladan yang lulus tingkat kabupaten, maka akan diutus mewakili Limapuluh Kota," kata dia.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan tersebut M Rehatta mengatakan berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan, maka terpilih dua orang peserta pemenang pemilihan Abdi Yasa teladan tingkat kabupaten.

Pemanang itu adalah Syafra Wadi Reza, dimana kesehariannya sebagai sopir PT Sinamar Mandiri Transport dan satu lagi Sepri Warman yang merupakan sopir PT PLS Transport.

"Setelah memperoleh pembinaan, pembekalan, dan penilian diharapkan keduanya agar dapat menyebarluaskan wawasan serta pengetahuannya kepada rekan-rekan sesama awak kenderaan umum guna ikut berperan meningkatkan kemampuan dan kesadaran berlalu lintas," kata dia.

Ia berharap para sopir tetap mengedepankan pelayanan prima kepada para penumpang angkutan umum, terutama dengan mengutamakan ketertiban serta keselamatan berkendara di jalan raya. (*)