208 Regu Ikuti Lomba Gerak Jalan Peringati HUT-RI di Pasaman

id Lomba gerak jalan

208 Regu Ikuti Lomba Gerak Jalan Peringati HUT-RI di Pasaman

Bupati Pasaman Yusuf Lubis melepas peserta lomba gerak jalan, Rabu (9/8). Lomba ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 dan memupuk rasa nasionalisme masyarakat. (Antara Sumbar/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Sebanyak 208 regu terdiri dari instansi pemerintahan, pelajar dan umum di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mengikuti lomba gerak jalan tepat waktu, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap perayaan HUT RI di daerah itu.

Ia menjelaskan peserta untuk tingkat Sekolah Dasar/sederajat diikuti sebanyak 51 tim, tingkat SLTP/sederajat 24 tim dan tingkat SLTA/sederajat sebanyak 23 tim. Sedangkan peserta dari instansi pemerintah dan umum sebanyak 110 tim.

Sedangkan rute yang dilewati untuk peserta tingkat SD mulai dari depan GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, melewati Jalan Jendral Sudirman, hingga depan CV Boy Lubuk Sikaping.

"Sesampai di depan CV Boy, peserta belok kanan dan kembali melintasi jalan Jenderal Sudirman dan finis di depan BRI Cabang Lubuk Sikaping," katanya.

Bagi peserta gerak jalan tingkat SLTP, katanya, mulai dari depan GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, melintasi Jalan Jenderal Sudirman, berputar di simpang Bhakti Ibu dan kembali ke jalan Hamka serta melintasi Jalan Jenderal Sudirman, kemudian finis di depan kantor BRI Cabang Lubuk Sikaping.

Selanjutnya untuk peserta SMA, instansi pemerintahan dan umum rutenya sama yakni mulai dari GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, melintasi jalan Jenderal Sudirman, hingga pasar lama Lubuk Sikaping, dan jalan Hamka hingga Simpang kantor PDAM Kabupaten Pasaman.

"Sesampai di simpang kantor PDAM tersebut, para peserta belok kanan, dan kembali melewati Jalan Hamka menuju pasar Lama Lubuk Sikaping, hingga Jalan Jendral Sudirman, kemudian finis tepat di depan Kantor BRI Cabang Lubuk Sikaping," ujarnya.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan melalui lomba gerak jalan tepat waktu ini diharapkan para peserta terutama generasi muda dapat meningkatkan disiplin dan kerapian tim sebagai bentuk napak tilas perjuangan pahlawan dalam memerdekakan bangsa ini.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa guna memperkokoh Negara Kesatuan RI, meningkatkan soliditas dan solidaritas dalam masyarakat," ujarnya. (*)