HUT Kota Padang ke 348 Momentum Evaluasi Kinerja

id HUT Padang

HUT Kota Padang ke 348 Momentum Evaluasi Kinerja

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (dua dari kiri) memimpin prosesi mengheningkan cipta pada perayaan HUT Kota Padang ke 348, Senin (7/8). Ketua DPRD menyampaikan HUT sebagai momentum evaluasi kinerja ke depan. (Antara Sumbar/Pratiwi Tamela)

Padang, (Antara Sumbar) - Peringatan Hari jadi Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang ke-348 dapat menjadi momentum untuk evalusi kinerja selama beberapa tahun terakhir.

Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti dalam rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Kota Padang ke 348 di Padang, Senin mengatakan pejabat pemerintahan hendaknya dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja selama ini serta harus melihat sejauh mana telah berbuat untuk rakyat.

Menurutnya dari evaluasi ini nantinya dapat menjadi bahan untuk kinerja yang akan dilakukan ke depannya, agar dapat memberikan yang terbaik bagi Kota Padang serta masyarakatnya.

Sejauh ini, menurutnya kinerja pemerintah kota telah memperlihatkan kemajuan yang pesat dan signifikan, hal tersebut terlihat dari berbagai pembangunan yang dilakukan.

"Semenjak dilantik beberapa tahun lalu, hingga saat ini telah terlihat beberapa perkembangan yang terjadi di Kota Padang, baik berupa infrastruktur atau non-infrastruktur," ujarnya.

Beberapa pembangunan yang terlihat adalah jalur dua di sepanjang jalan Bypass, pembangunan kawasan Muaro Lasak hingga penataan pasar raya serta beberapa pasar lainnya.

Sementara untuk perkembangan lain adalah Piala Adipura yang dapat kembali diraih setelah terjadinya gempa 2009, selain itu Padang juga memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) dalam pengelolaan keuangan.

"Kami dari DPRD akan selalu mendukung segala kebijakan pemerintah selama itu tetap berpihak kepada rakyat," katanya.

Untuk mencapai hasil yang baik dan bermanfaat bagi semua maka seluruh komponen yang ada di Kota Padang itu, katanya harus saling bersinergi satu sama lain

Komponen-komponen yang dimaksud diantaranya adalah pihak masyarakat, ormas, lembaga adat, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan serta seluruh jajaran pemerintahan.

Pemerintah kota, kata Elly masih memiliki banyak tugas untuk mensejahterakan masyarakat, sekalipun hingga saat ini sudah banyak kemajuan yang dicapai dalam berbagai bidang.

"Sejauh ini sudah banyak kemajuan yang dicapai oleh pemkot, baik dari bidang pariwisata maupun ekonomi," tambahnya.

Sekalipun demikian saat ini juga masih masih banyak masyarakat kota Padang yang membutuhkan perhatian pemerintah untuk kesejahteraan.

"Persoalan ini harus segera ditangani oleh pemkot agar seluruh masyarakat dapat merasakan penyamarataan di berbagai bidang," katanya.

Sementara, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menjelaskan gambaran kapasitas keuangan daerah tahun 2014-2017 secara time series pendapatan daerah pada 2014 mencapai lebih kurang Rp1,934 triliun meningkat jadi Rp2,071 triliun pada 2015, dan 2016 menjadi Rp2,00 triliun, serta meningkat Rp2,158 triliun lebih pada 2017.

Pendapatan asli daerah pada 2014 realisasi mencapai lebih kurang Rp315,67 miliar dan meningkat Rp370,41 miliar di 2015. Sedangkan pada 2016 meningkat lebih kurang Rp476,98 miliar dan 2017 ditargetkan meningkat menjadi Rp490,93 miliar.

Maka, untuk mendukung pelaksanaan pembangunan yang optimal dari 2014-2017 dibutuhkan dukungan pembiayaan memadai.

Beberapa janji Pemko lewat 10 program unggulan telah terealisasi dengan capaian sampai 2016 berada diangka 73,10 persen.

Katanya, hal ini sangat mengembirakan karena menunjukkan capaian optimal, dan pemerintah berharap sisanya dapat dituntaskan sampai 2019 mendatang.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan hingga saat ini Padang sudah banyak mencapai kesuksesan, tentunya itu berkat kerjasama pimpinan daerah dan juga berkat dorongan DPRD.

"Untuk saat ini kita mengharapkan agar seluruh penghargaan yang telah dicapai Kota Padang juga ikut dinikmati oleh masyarakat," sebutnya.

Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Kota Padang ke 348 tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti didampingi Wakil Ketua Asrizal, Wahyu Iramana Putra, dan Muhidi,

Serta, turut hadir Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mantan Walikota Padang Fauzi Bahar, anggota DPR RI Endre Saifoel, anggota DPD RI Emma Yohanna, para tokoh dan perantau serta tamu undangan lainnya. (*)