125 Orang lulus Seleksi Gelombang Pertama UMMY

id Seleksi Mahasiswa

Arosuka, (Antara Sumbar) - Sebanyak 125 orang calon mahasiswa lulus mengikuti seleksi gelombang pertama Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok, Sumatera Barat.

"Sebanyak 125 calon mahasiswa ini merupakan seleksi dari 148 orang yang mendaftar pada awalnya," Kata Panitia Tes Seleksi Mahasiswa UMMY Yul di Solok, Senin.

Ia menyebutkan seleksi pada tanggal 15 Juli lalu berlangsung cukup ketat, yang diujikan kemampuan dasar, kemampuan akademik seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Potensi Akademik (TPA), dan tes bidang masing-masing sesuasi jurusan yang dipilih.

Tes sesuai dengan standar Kemenresdikti, yang soal dari perprodi dibuat oleh masing-masing dosen yang disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa baru.

Untuk menyesuaikan mahasiswa dengan jurusan yang tepat, mahasiswa yang diseleksi dibidang IPA jika tidak cocok atau tidak lulus, boleh mengulangi tes dibidang IPS.

"Sedangkan bagi mahasiswa untuk bidikmisi ditambah dengan tes wawancara," ujarnya.

Ia menegaskan untuk mahasiswa yang mendaftar di UMMY agar benar-benar menguasai materi jurusan yang akan dipilih, sehingga menghindari mahasiswa gagal menyelesaikan studinya hingga akhir.

"Kalau bisa mendaftar sesuai minat, bakat, dan kemampuan, jadi memudahkan dosen dan mahasiswa dalam transfer ilmu," ujarnya.

Untuk gelombang kedua pendaftaran dimulai sejak tanggal 3 Juli hingga 8 September 2017, dan tes dilaksanakan pada 9 September 2017.

Untuk program bidikmisi ada empat jurusan yang bisa dipilih yaitu, jurusan peternakan, agroteknologi, Hukum dan Akuntansi.

"Sedang jadwal kuliah dimulai 18 September 2017," ujarnya. (*)