Cara Bukittinggi Rayakan HUT RI

id Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga

Cara Bukittinggi Rayakan HUT RI

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Erwin Umar. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan kegiatan pawai bertema "Periodisasi Perjuangan Bangsa Indonesia" sebagai perayaan peringatan ke-72 kemerdekaan RI.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat, Erwin Umar di Bukittinggi, Senin, mengatakan semua unsur masyarakat akan dilibatkan dalam perayaan tersebut.

"Mulai dari pelajar, aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN dan BUMD yang beroperasi di Bukittinggi hingga pedagang akan dilibatkan dalam perayaan ini," tambahnya.

Ia menerangkan dalam pawai itu, para peserta akan berpenampilan dan memakai perlengkapan tiruan yang digunakan masyarakat dan pahlawan pada periode-periode yang dilalui sebelum akhirnya meraih kemerdekaan.

Menurutnya kegiatan tersebut akan menjadi suatu sarana mengenalkan sejarah dan menggambarkan bentuk perjuangan meraih kemerdekaan sehingga mendorong generasi muda saat ini memaknai perjuangan itu dengan tindakan positif setiap hari.

"Kami menargetkan kegiatan ini menjadi momen yang meriah dan memancing kunjungan wisatawan sehingga akan menjadi pemanasan untuk menggelar iven yang lebih besar yang sudah disusun dalam kalender wisata Bukittinggi," ujarnya.

Kepala Bidang Olahraga Disparpora Bukittinggi, Tasman menerangkan pawai Periodisasi Perjuangan Bangsa Indonesia saat ini masih dalam tahap pematangan persiapan.

"Jadwalnya sudah ditetapkan 19 Agustus 2017 nanti. Namun peserta mana yang akan mengangkat tema dari zaman tertentu masih dalam pembicaraan. Seperti masa penjajahan Belanda atau Jepang, apakah ditampilkan oleh sekolah, OPD atau pegawai BUMD masih dibicarakan," jelasnya.

Direncanakan pawai tersebut akan dimulai di Jalan Sudirman menuju panggung kehormatan di Simpang Kangkuang, Panorama dan berakhir di pelataran objek wisata Jam Gadang. (*)