Padang Optimalkan Even Olahraga Tingkatkan Kunjungan Wisata

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengoptimalkan kegiatan dan kejuaraan olahraga untuk memperkuat pengembangan pariwisata dan meningkatkan ekonomi daerah.

"Seperti Dayung Palinggam dan Festival Perahu Naga, kegiatan olahraga lainnya akan diarahkan pada upaya menarik wisatawan dan investasi," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Senin.

Menurutnya salah satu hal yang akan dilakukan yakni melaksanakan kegiatan olahraga pada lokasi yang banyak dikunjungi seperti pasar, pantai atau gelanggang olahraga.

Seperti di pantai, tambahnya hampir setiap hari banyak kegiatan olahraga seperti senam, jalan santai, bersepeda atau bersepatu roda.

Bahkan di tepi pantai untuk mendukung hal tersebut telah disediakan pemberi layanan jasa untuk sepeda, papan luncur, skuter dan sepatu roda.

"Untuk olahraga ini nantinya akan dibuat kejuaraan," sebutnya.

Dia mengemukakan mengoptimalkan kegiatan olahraga ini telah dilakukan mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan dan kecamatan.

Dia menyebutkan rutin setiap minggu kelurahan menyelenggarakan pertandingan olahraga seperti bulu tangkis, futsal, sepak bola dan voli.

Kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan potensi yang ada di kelurahan masing-masing karena selain olahraga ada kegiatan lain seperti pentas musik, tarian, bazaar atau pasar rakyat.

Selain itu, lanjut dia kegiatan ini juga untuk memanfaatkan sarana olahraga agar tidak rusak dan terbengkalai.

Manfaatnya sebagai persiapan kota menyelenggarakan lomba atau kejuaraan olahraga tingkat tinggi.

"Bila sarana mumpuni ditambah atmosfer olahraga yang baik di Padang, tentu bisa saja kejauaran nasional seperti Pekan Olahraga Nasional bisa terlaksana," sebutnya.

Sementara itu salah satu warga pegiat olahraga senam di Padang, Erma Dwita berharap kejuaraan olahraga di Padang dikelola dengan baik dan sempurna oleh pemerintah atau instansi terkait.

Menurutnya selama ini dalam penyiapan fasilitas cenderung minim dan asal-asalan, ke depan harus lebih dimaksimalkan.

Sebab, kata dia sarana olahraga yang baik meningkatkan animo masyarakat untuk datang, sekaligus dalam jangka waktu panjang dapat mencari bibit atlet prestasi. (*)


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar