Kampung Kapo-Kapo Bakal Jadi Desa Wisata Andalan Pesisir Selatan

id Desa Wisata

Kampung Kapo-Kapo Bakal Jadi Desa Wisata Andalan Pesisir Selatan

Ilustrasi - Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus mematangkan Kampung Kapo-Kapo di Pulau Kapo-Kapo, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan sebagai desa wisata andalan.

"Saat ini di lokasi sudah terdapat 'home stay' yang memungkinkan wisatawan bermalam di sana," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Minggu.

Ia menambahkan pulau tersebut dihuni 18 kepala keluarga yang memiliki hunian yang memadai, berbeda dengan sebelumnya namun berkat dukungan berbagai pihak hunian memadai bisa dibangun.

Selain itu, pemerintah kabupaten setempat saat ini tengah berencana mendesain ulang pulau tersebut dengan menanam pohon, pembuatan taman sehingga menjadi lebih menarik.

"Tinggal polesan sedikit lagi Pulau Kapo-Kapo akan menjadi desa wisata andalan Pesisir Selatan," ujarnya.

Ia menyebutkan di pulau berpasir putih tersebut banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan seperti memancing, selam permukaan, selam dangkal, berkemah dan lainnya.

Selain itu pada pulau tersebut juga terdapat hutan bakau yang menjadikan suasana begitu asri.

Masyarakat setempat, Darlis (50) menyebutkan kemajuan pariwisata di kabupaten setempat membawa "angin segar" bagi warga yang menetap di Pulau Kapo-Kapo.

"Dahulunya kami hanya mengandalkan hasil tangkapan ikan untuk menopang perekonomian keluarga tapi sekarang kami bisa menyewakan kamar untuk menginap wisatawan," katanya.

Selain itu warga disana juga menjual makanan hingga minuman bagi wisatawan.

Menurutnya setiap akhir pekan selalu saja ada wisatawan yang berkunjung ke daerah itu bahkan diantaranya menginap beberapa hari. (*)