Warga Nilai Pemkot Padang Berhasil Tata Pantai

id Pantai Padang

Sejumlah pengunjung menikmati area pedestrian, sementara kendaraan terparkir di bahu jalan, kawasan objek wisata Pantai Padang, Sumatera Barat.(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/pd/17)

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah warga kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengapresiasi kinerja dari wali kota (wako) dan wakil wali kota (wawako) setempat dalam melakukan penertiban dan pembersihan di sekitar pantai daerah tersebut.

"Pembersihan pantai menjadi salah satu bukti kongkret kinerja Mahyeldi dan Emzalmi setelah dua tahun memangku jabatan sebagai wali kota dan wakilnya," kata salah seorang warga yang juga dosen Unand Asrinaldi di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan keberhasilan melakukan pembersihan di sepanjang pantai dengan menggusur beberapa kafe dan tempat hiburan yang telah bercokol lama merupakan prestasi tersendiri.

Hal ini membuktikan keseriusan dari pemkot untuk memajukan bidang pariwisata khususnya wisata pantai, tambahnya.

"Meskipun demikian langkah ini harus dipercepat dengan upaya pembenahan dan pelengkapan beberapa infrastruktur penunjang kemajuan pariwisata tersebut," lanjutnya.

Warga lain Fadjar Goembira menilai langkah pemkot sudah baik dan benar namun harus disertai dengan jaminan kebersihan pantai tersebut.

Artinya pemkot bisa menjamin akan membentuk sistem pengelolaan sampah terpadu di sekitar pantai. Dengan membuat regulasi yang jelas dan tegas dalam proses pembuangan sampah baik oleh wisatawan maupun penduduk sekitar pantai.

Sebab persoalan wisata ini sangat berkaitan dengan pengelolaan sampah dan ketertibannya.

Senada dengan itu penggiat sampah Sumbar, Saifuddin Islami mengapresiasi program Pemkot dalam membersihkan sampah bersama di pantai.

Menurutnya hal ini bagian dari kinerja baik Mahyeldi-Emzalmi dalam memperkuat upayanya menjamin kebersihan dan ketertiban sarana umum.

Dia berharap ke depan kegiatan ini intensitasnya lebih ditingkatkan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin mengatakan dengan adanya program gotong royong membersihkan pantai, sedikitnya membantu kinerja dinas pariwisata dan dinas kebersihan dalam penanganan sampah.

Menurutnya pembersihan di sekitar pantai harus terus dilakukan mengingat masih banyak masyarakat yang belum mengindahkan kebersihan dan membuang sampah di pantai. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar