ICW: Tingkat Kepuasan Terhadap KPK Tinggi

id ICW

ICW: Tingkat Kepuasan Terhadap KPK Tinggi

Indonesia Corruption Watch (ICW). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Polling Center melakukan survei yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cukup tinggi.

"Dari jawaban yang diberikan responden, kepuasan terhadap kinerja KPK cukup tinggi dan stabil," kata Program Manajer Divisi Kampanye ICW, Siti Julian Tari ketika memaparkan hasil survei di Padang, Kamis.

Dari 1.819 responden yang ditanyai, sebanyak 12 persen menjawab sangat puas, 58 persen menjawab puas, 24 persen menjawab tidak puas, dan hanya dua persen yang menjawab sangat tidak puas.

Para responden yang menjawab sangat puas/puas tersebut, alasan paling tinggi karena banyaknya koruptor yang ditangkap dan diadili KPK.

Sementara survei 2016 terhadap 1.835 responden, yang memberikan jawaban sangat puas sebanyak sembilan persen, jawaban puas 61 persen, tidak puas 25 persen, dan satu persen menjawab sangat tidak puas.

Survei itu dilakukan terhadap 2.235 responden tersebar di 177 kabupaten atau kota di Indonesia, dikumpulkan dari April, hingga Juni 2017.

Hasil survei disampaikan pada kegiatan diseminasi yang digelar Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) anti korupsi Sumbar, yaitu Integritas, bekerjasama dengan ICW dan Polling Center.

Koordinator Integritas Arif Paderi, mengatakan dari data itu maka dukungan terhadap KPK harus diberikan untuk terus meningkatkan kinerja.

"KPK telah mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat, yang tentunya karena kinerja positif. Dukungan harus diberikan dalam memberantas korupsi," tambahnya. (*)