Wako: Warga Jadikan Bukittinggi Merah-Putih

id M Ramlan Nurmatias

Wako: Warga Jadikan Bukittinggi Merah-Putih

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias. (Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M Ramlan Nurmatias mengimbau warga setempat agar memasang bendera Merah Putih baik di lingkungan perumahan maupun perkantoran selama Agustus 2017.

"Menyambut peringatan ke-72 kemerdekaan RI, kita harus meriahkan dengan menjadikan kota ini Merah-Putih," katanya di Bukittinggi, Kamis.

Peringatan yang ke-72 tersebut, menurutnya harus menjadi momen bagi warga setempat mengambil hikmah dari perjuangan pahlawan kemerdekaan sehingga sebagai salah satu caranya, suasana perlu dihidupkan dengan mengibarkan bendera.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bukittinggi, Yulman menambahkan jelang peringatan kemerdekaan masyarakat diimbau memeriahkan dengan memasang bendera, umbul-umbul atau gapura.

"Warga di kelurahan atau melalui organisasi pemuda dipersilakan menggelar kegiatan positif apa saja untuk memeriahkan peringatan ke-72 kemerdekaan RI," tambahnya.

Selain itu dalam peringatan diharapkan juga menghidupkan nilai-nilai perjuangan dari Muhammad Hatta sebagai salah satu proklamator kemerdekaan RI yang berasal dari daerah itu.

"Terutama bagi generasi muda agar mengenal pahlawan salah satunya Bung Hatta, proklamator kelahiran Bukittinggi. Jadi mereka hendaknya mengenal dengan baik tokoh ini," lanjutnya.

Menurutnya melalui kantor-kantor pemerintahan atau lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah-sekolah dapat memasang pesan-pesan yang pernah disampaikan Bung Hatta terkait perjuangan.

"Diharapkan anak-anak bahkan hingga orang dewasa yang membaca pesan tersebut, dapat menularkan semangat perjuangan yang sama dengan Bung Hatta," katanya.

Sebelumnya Wakil Gubernur setempat, Nasrul Abit telah menyampaikan imbauan yang sama agar masyarakat mengibarkan bendera merah putih selama sebulan penuh pada Agustus 2017.

Imbauan itu biasanya hanya sekitar tanggal 17 Agustus namun saat ini dianjurkan agar melaksankannya mulai 1 Agustus agar lebih memeriahkan HUT RI. (*)