Dinilai Baik Mengelola Lingkungan Hidup, Pasaman Raih Sertifikat Adipura 2017

id Yusuf Lubis

Dinilai Baik Mengelola Lingkungan Hidup, Pasaman Raih Sertifikat Adipura 2017

Bupati Yusuf Lubis menerima penghargaan Sertifikat Adipura 2017. (Antara Sumbar/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, berhasil meraih Sertifikat Adipura dari Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai bentuk penghargaan karena menunjukkan kinerja yang baik dalam mengelola lingkungan hidup untuk kategori kota kecil.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan pemberian penghargaan tersebut bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup sedunia 2017.

"Meskipun tahun ini kita belum berhasil meraih piala Adipura dengan OPD baru yakni Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun pencapaian sertifikat Adipura ini setelah adanya penggabungan urusan lingkungan hidup dan kehutanam merupakan hasil yang membanggakan," ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan ini membuktikan bahwa arah kebijakan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di daerah itu telah mampu sejalan dengan visi pemerintah pusat terkait dengan lingkungan hidup dan kehutanan untuk kategori kota kecil.

"Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah memiliki kompetensi dan komitmen memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakatnya dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di mata pemerintah pusat," ujarnya.

Ia mengatakan beberapa perbaikan yang telah dilakukan pemerintah daerah yakni jalan dan trotoar dalam kota mulai terlihat rapi dan indah, Pasar Tradisional Modern (PTM), hutan kota, pengelolaan sampah dan taman-taman asri dan bersih serta pengelolaan TPA yang selalu menjadi perhatian pemerintah.

"Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran dan dukungan penuh seluruh masyarakat. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selalu mendukung dan mengelola lingkungan hidup," katanya.

Untuk itu, katanya daerah harus lebih optimis lagi ke depannya dan harus menjadi motivasi untuk meraih Piala Adipura.

"Kita harus terus melakukan pembenahan dan perbaikan di segala hal," katanya.

Selain itu, daerah setempat juga mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017 yang diraih Sekolah Dasar Negeri 10 Lubuk Sikaping.

"Prestasi yang membanggakan ini hanya diberikan kepada 124 sekolah terbaik seluruh Indonesia," ujarnya.

Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada sekolah yang dinilai mampu mengaktualisasikan budaya lingkungan di semua aspek kegiatan sekolah. (*)