Kopi Arabika Keltan Saiyo Kajai Juara Festival Kopi se-Sumbar

id kopi

Kopi Arabika Keltan Saiyo Kajai Juara Festival Kopi se-Sumbar

Wakil Keltan Saiyo Kajai, Hendi (tengah) saat menerima piagam dan piala menjadi yang terbaik dengan produk Kopi Arabika pada festival kopi se-Sumbar di Padang. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kelompok Tani Saiyo Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meraih juara satu terbaik pada festival kopi yang di adakan oleh Dinas Pertanian Hortikutura dan Perkebunan Sumbar di Padang.

"Benar, kita berhasil meraih juara pertama tingkat Sumbar dengan produk kopi arabika," kata Wakil Kelompok Tani Saiyo Kajai Pasaman Barat, Hendi didampingi wakil Sekretaris Gusman Ari Sandi di Simpang Empat, Kamis (3/8).

Ia mengatakan prestasi ini berkat bantuan dan dorongan dari semua pihak terutama dari Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Perkebunan.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Kepa Dinas Perkebunan, Alfitri Noven mengatakan prestasi ini merupakan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Pasaman Barat.

"Terima kasih kita ucapkan kepada pengurus dan anggota Keltan Saiyo Nagari Kajai, yang sudah berhasil meraih peringkat I terbaik Sumbar Kopi Arabika. Hal ini bisa dijadikan penyemangat bagi kelompok-kelompok lainya," katanya.

Ia menjelaskan data sementara luas tanam kopi arabika di Pasaman Barat sleuas 200 hektare yang sudah mulai panen dan akan kita kembangkan sekitar 400 hektare lagi.

"Mengingat dataran tinggi yang ada di Pasaman Barat sangat cocok sekali kita jadikan sentral kopi arabika yakni pada Kecamatan Talamau," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Juri Festival Kopi Minang, Aris Susandi mengatakan, penilaian sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

"Kita dalam menentukan penilaian dan menentukan siapa pemenang. Sangatlah independen dan hasil pemenang yang kita tetapkan itu adalah itu yang terbaik. Maka dari enam kabupaten kota yang mengikuti ajang ini, kopi arabika Keltan Saiyo Nagari Kajai Pasaman Baray yang terbaik," katanya.

Ia melanjutkan, dalam penilaian yang dibantu oleh dua temannya yakni Q Grader dan Juara Barista Indonesia.

Acara yang di buka dan dihadiri pleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, dnas kabupaten/ kota se- Sumbar, praktisi pecinta kopi, pemerhati kopi, akademisi dan pengusaha kopi. (*)