Warga Binaan Sumbar Akan Ikut Meriahkan Peringatan Kemerdekaan

id lapas

Warga Binaan Sumbar Akan Ikut Meriahkan Peringatan Kemerdekaan

Ribuan Warga binaan Lapas Klass II A Muaro Padang sedang melakukan sholat ied di lapangan futsal Lapas,Rabu (6/7). Setelah sholat ied akan dibacakan pemberian remisi kepada warga binaan. (Mario Sofia Nasution /AntaraSumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Warga binaan di Sumatera Barat (Sumbar) akan ikut meriahkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kemeneterian Hukum dan HAM daerah setempat.

"Ada serangkaian lomba yang digelar memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, dua lomba dikhususkan untuk warga binaan sebagai peserta," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso di Padang, Rabu.

Lomba tersebut, tambahnya pertama adalah menyanyikan lagu daerah antar warga binaan. Kedua adalah lomba permainan tradisional.

"Warga binaan diajak berpartisipasi agar mereka juga ikut merayakan hari besar negara," ujarnya.

Selain itu Kanwil Kekmenkumham juga menggelar lomba lainnya. Yaitu Lomba cipta lagu nasional, desain batik bertema "Merdeka Jiwa Raga Berkarya Untuk Indonesia".

Kemudian lomba membaca naskah proklamasi, kebersihan dan keindahan gedung kantor di lingkungan Kanwil, lomba sepeda hias, dan senam meumere.

Pihak Kanwil juga akan menggelar melukis massal serentak anak Indonesia bertema "Merdeka Jiwa Raga Berkarya Untuk Indonesia".

Rangkaian lomba itu dirangkum dalam kegiatan Bulan Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia, dilaksanakan dari 1-31 Agustus 2017.

"Kegiatan ini dilakukan serentak oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM baik tingkat pusat serta daerah," lanjutnya.

Pada bagian lain ketika ditanyai tentang narapidana yang menerima remisi hari kemerdekaan, Dwi mengatakan pihaknya menunggu dari kemenetrian.

"Saat ini kami masih menunggu dari kementerian berapa warga binaan Sumbar yang mendapatkan remisi," sebutnya. (*)