IMF Kerja Sama RFA Perkuat Jaring Pengaman Keuangan Global

id IMF

IMF Kerja Sama RFA Perkuat Jaring Pengaman Keuangan Global

Dana Moneter Internasional (IMF). (cc)

Washington, (Antara Sumbar) - Dana Moneter Internasional (IMF) sedang meningkatkan kolaborasinya dengan pengaturan pembiayaan regional (Regional Financing Arrangements/RFA) untuk memperkuat Jaring Pengaman Keuangan Global (Global Financial Safety Net/GFSN) dan memastikan mitigasi krisis yang efektif.

"Seiring dengan pengembangan GFSN dan menjadi lebih berlapis-lapis, kolaborasi yang lebih kuat antara berbagai elemen menjadi semakin penting untuk memastikan mitigasi krisis tepat waktu dan efektif," kata IMF dalam sebuah pernyataan pada Senin (31/7).

"Peningkatan kolaborasi antara IMF dan RFA, termasuk pendanaan bersama, secara signifikan akan mengurangi risiko penularan," kata IMF.

Dewan eksekutif IMF membahas prinsip-prinsip untuk memandu kolaborasi masa depannya dengan RFA pada 26 Juli, kata pernyataan tersebut.

Direktur eksekutif IMF mendukung IMF untuk berkolaborasi dengan RFA di berbagai bidang seperti pengembangan kapasitas, pengawasan, serta dukungan non-keuangan dan pinjaman, menurut pernyataan tersebut.

Pada 2016, IMF melakukan uji coba pendanaan bersama dengan pengaturan pertukaran (swap) mata uang Chiang Mai Initiative Multilateralization, salah satu upayanya untuk mengeksplorasi cara meningkatkan kolaborasi dengan RFA. (*)