Kapolda Sumbar Kunjungi Polres Pasaman Barat, Tekankan Berantas Narkoba

id Kunjungan Kapolda, Pemberantasan Narkoba

Kapolda Sumbar Kunjungi Polres Pasaman Barat, Tekankan Berantas Narkoba

Kapolda Sumbar, Irjen,Pol. Fakhrizal bersama Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Pasaman Barat, Senin (31/7). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen.Pol. Fakhrizal menekankan kepada jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat dan masyarakat agar bersama-sama mengawasi peredaran narkoba di daerah itu.

"Benar, peredaran narkoba cukup tinggi di Pasaman Barat. Pemberantasan narkoba tidak saja tugas pihak kepolisian tetapi juga tugas bersama," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Pasaman Barat di Simpang Ampek, Senin.

Ia mengatakan memberantas peredaran narkoba juga harus dimulai dari keluarga. Orang tua juga harus berperan mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus memakai narkoba.

"Lakukan pengawasan kepada anak masing- masing, pantau pergaulannya," katanya.

Sebelumnya Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso mengatakan daerah itu saat ini dijadikan sasaran peredaran narkoba, bukan perlintasan lagi.

Untuk itu diperlukan kerja sama semua pihak untuk memberantas peredaran narkoba, tidak bisa hanya mengharapkan dari kepolisian.

Dari data kasus yang ada pada 2016 Polres Pasaman Barat mengungkap kasus narkoba sebanyak 38 kasus. Sementara di tahun 2015 pengungkapan kasus sebanya 27 kasus.

Ia menekankan untuk upaya pemberantasan dibutuhkan komitmen dari semua pihak untuk memerangi peredaran barang haram tersebut.

Upaya pemberantasan tidak hanya dilakukan dengan jalan pengungkapan kasus, namun juga dilaksanakan menggalakan upaya pencegahan. Salah satunya dilakukan dengan sosialisasi akan bahaya narkoba ke sekolah-sekolah.

"Sosialisasi ini sangat penting karena sebagai salah satu tindakan preventif. Harapannya dengan kegiatan tersebut maka para siswa jadi tahu akan bahaya dari narkoba sehingga tidak mendekati narkoba," ujarnya.

Saat kunjungan itu Kapolda juga memberikan arahan kepada segenap anggota Polres Pasaman Barat dalam upaya meningkatkan semangat kerja.

Saat kunjungan Kapolda disambut oleh Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso, Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Wakil Bupati, Yulianto, Ketua DPRD, Daliyus K, Sekda, Manus Handri, tokoh adat dan ninik mamak yang ada di Pasaman Barat.

Rombongan Kapolda disambut dengan kesenian tradisional Tambua Tasa Polres Pasaman Barat yang dihadiri ratusan tamu undangan. (*)