Masyarakat Diminta Bijaksana Gunakan Media Sosial

id Media sosial

Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Erizon (Didi Someldi / Antara Sumbar)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengajak masyarakat di daerah itu bijaksana menggunakan media sosial sehingga tidak berpotensi merusak hubungan antar sesama.
"Media sosial bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan berbagai informasi dan juga sebagai penyambung tali silaturahmi, namun sebaliknya juga bisa merusak hubungan antar sesama jika digunakan untuk menghujat," kata Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Erizon di Painan, Minggu.

Bahkan katanya, jika hujatan tersebut mengarah kepada seseorang dan dilaporkan ke pihak berwajib tentu saja si penghujat bisa berurusan dengan aparat hukum.

"Jika masyarakat memiliki pandangan kepada seseorang ataupun lembaga sebaiknya dilahirkan dalam bentuk tulisan pada sebuah kertas sehingga tidak berpotensi mengandung hujatan," ujarnya.

Kendati demikian jika pandangan tersebut telah memiliki data hingga konfirmasi yang lengkap tidak ada salahnya jika dimuat pada media sosial.

Selain itu informasi yang ada di media sosial harus terlebih dahulu ditelaah apakah benar atau tidak sehingga masyarakat tidak terpengaruh informasi yang tidak benar.

Informasi yang tidak benar tersebut cenderung menyesatkan dan provokatif hingga gerakan terselubung seperti komunisme dan radikalisme.

Sementara itu kepada orang tua pihaknya mengingatkan agar mengontrol aktivitas penggunaan media sosial oleh anaknya sehingga tidak berpengaruh negatif terhadap perkembangan mental mereka.

"Informasi apapun bisa mereka dapatkan karena belum memiliki benteng diri yang kuat maka dengan mudah informasi tersebut mereka diterima bahkan diimplementasikan dalam kehidupan dan hal tersebut merupakan tugas orang tua mengawasinya," katanya.

Upaya mengawasi anak-anak bisa dilakukan dengan memberikan mereka nasehat dan mengontrol pergaulan mereka diluar rumah. (*)



Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar