Bupati Sijunjung Hadiri Rakornas TPID 2017

id #Rakornas Inflasi #Sumbar raih pengharagaan

Bupati Sijunjung Hadiri Rakornas TPID 2017

Gubernur Sumbar Irwan Prayinto didamping Bupati Sijunjung Yuswir Arifi (kiri) disela Rakornas Inflasi baru-baru ini. (c)

Muaro (antarasumbar) Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.Pembukaan ditandai dengan memukul gong tiga kali. Rakornas TPID 2017 ini dihadiri Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh daerah di Indonesia (Rabu, 26/7). Turut hadir Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

Tema Rakornas TPID kali ini adalah Mempercepat Efisiensi Tata Niaga Pangan Melalui Penguatan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat.

Dalam sambutannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan kunci mengelola ekonomi baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun di tingkat negara adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Oleh sebab itu, dia menekankan daerah dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi ke tingkat yang rendah.

Pada Rakornas kali ini juga diberikan penghargaan TPID terbaik, untuk tingkat provinsi diraih oleh Provinsi Sumatera Barat dan untuk tingkat kabupaten diraih oleh Kabupaten Tanjung Pinang. Penghargaan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia bahwa pada 2015 inflasi kita berada di angka 3,35%. Di 2016 3,02% dan di kuartal satu berada pada angka kisaran 4%. Artinya kita sudah mulai masuk ke era inflasi rendah di negara kita. (Sjj)