Pesawat Jamaah Haji Berbagai Daerah Transit di BIM Isi Bahan Bakar

id pesawat

Pesawat Jamaah Haji Berbagai Daerah Transit di BIM Isi Bahan Bakar

Ilustrasi pesawat haji (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah pesawat udara yang mengangkut jamaah haji dari Embarkasi Lombok, Solo dan Balikpapan transit di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman, Sumatera Barat untuk mengisi bahan bakar.

"Ada 118 penerbangan haji yang transit untuk mengisi bahan bakar pada musim haji tahun ini," kata Kepala Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau, Fendrick Sondra di Padang, Sabtu.

Ia merinci dari 118 penerbangan tersebut 95 penerbangan dari Embarkasi Solo, 13 penerbangan dari Embarkasi Balikpapan dan 10 penerbangan dari Embarkasi Lombok.

Fendrick memastikan memasuki musim haji 2017 Bandara Internasional Minangkabau siap melayani jamaah dengan semua fasilitas yang telah dipersiapkan.

Terkait dengan pesawat yang digunakan adalah jenis Boeing 777-300 ER yang berbadan besar ia memastikan pesawat tersebut bisa mendarat di BIM dengan baik.

"Kami sudah siapkan semuanya mulai dair navigasi, parking stand serta fasilitas pendukung lainnya," ujar dia.

Selain melayani penerbangan transit dari tiga embarkasi, Bandara Internasional Minangkau juga melayani transit calon haji asal Bengkulu yang bergabung dalam Embarkasi Padang sebanyak lima kloter dengan jumlah calon haji sebanyak 1.668 orang.

Sementara Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Minangkabau menambah stok avtur dari 125 kiloliter menjadi 420 kiloliter per hari selama pemberangkatan calon haji tahun 2017.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Fitri Erika memperkirakan akan terjadi kenaikan konsumsi avtur pada musim haji 2017 di Bandara Internasional Minangkabau.

Ia menyebutkan perkiraan kenaikan di DPPU BIM cukup tinggi sekitar 236 persen dari penyaluran normal avtur per hari 125 kiloliter menjadi 420 kiloliter pada fase pertama keberangkatan, 28 Juli hingga 26 Agustus 2017.

"Kami telah menyiapkan sarana dan fasilitas penyediaan penambahan persediaan avtur serta sumber daya operator yang berpengalaman untuk melayani pemberangkatan haji tahun 2017, ujar dia.

Tahun 2017, DPPU BIM tidak hanya melayani penerbangan 16 kloter dari Sumbar, tetapi juga melayani penerbangan transit, katanya.

Sementara untuk fase kedua, yakni kepulangan haji pada 5 September hingga 23 September 2017, diperkirakan kenaikan pelayanan avtur naik 44 persen dari normal 125 kiloliter per hari menjadi 180 kiloliter per hari.

Embarkasi Haji Padang akan memberangkatkan 6.347 calon haji pada musim haji 2017 terdiri atas 16 kelompok terbang.

Dari 6.347 calon haji tersebut 4.628 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang dari Bengkulu.

Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini mengalami peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 4.946 orang terdiri atas 11 kloter. (*)