Pemerintah Sumbar Promosikan Objek Wisata Potensial

id Mountain View Bukik Siriah

Pemerintah Sumbar Promosikan Objek Wisata Potensial

Sejumlah wisatawan dan pengelola objek wisata Mountain View Bukik Siriah, Padangpariaman sedang menuruni Janjang Saribu atau tangga seribu di objek wisata itu, Kamis (27/7). Dinas Pariwisata Sumatera Barat sedang mendata destinasi wisata terbaru di sejumlah kabupaten dan kota guna dipromosikan baik di tingkat nasional maupun internasional. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) mempromosikan objek wisata potensial yang ada di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi itu melalui Aksi Sapta Pesona.

"Melalui program Kementerian Pariwisata ini kita mempromosikan objek wisata yang belum dikenal publik," kata Kepala Bidang Destinasi Daya Tarik Pariwisata, Dinas Pariwisata Sumbar, Deviany saat Aksi Sapta Pesona di objek wisata Mountain View Bukik Siriah, Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman, Kamis.

Ia menjelaskan aksi ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar serta memberikan kesadaran wisata kepada masyarakat agar ikut terlibat dalam pengembangan pariwisata daerah itu.

Pada aksi itu pihaknya menyosialisasikan bagaimana peran masyarakat sekitar objek wisata untuk terlibat dan peduli dengan kebersihan destinasi wisata.

"Karena itu kita memberikan sejumlah peralatan kebersihan agar masyarakat menjaga kebersihan di wilayah objek wisata sehingga wisatawan nyaman berkunjung," katanya.

Pada tahun ini ada dua objek wisata di Sumbar yang dipilih sebagai lokasi Aksi Sapta Pesona yaitu Mountain View Bukik Siriah di Padangpariaman dan satu lagi masih dalam tahap penetapan.

"Kemungkinan di antara dua daerah yaitu Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur mengatakan dengan dipilihnya Mountain View Bukik Siriah sebagai lokasi Aksi Sapta Pesona 2017 dapat mendukung nagari itu sebagai desa wisata.

"Apalagi objek wisata ini memiliki pemandangan alam yang dapat memukau wisatawan," kata dia.

Ia mengatakan di objek wisata itu wisatawan dapat melihat pemandangan hamparan hutan, laut, dan pulau-pulau yang berada di daerah itu.

"Bahkan Pulau Angso Duo di Pariaman terlihat dari objek wisata Mountain View Bukik Siriah," ujar dia.

Dengan adanya aksi tersebut promosi objek wisata itu lebih luas sehingga dikenal oleh masyarakat baik di dalam maupun luar negeri. (*)