Pertamina Buat Taman Terumbu Karang di Pariaman, Jaga Ekosistem Bwah Laut

id Terumbu Karang

Pertamina Buat Taman Terumbu Karang di Pariaman, Jaga Ekosistem Bwah Laut

Terumbu karang yang mulai rusak.

Pariaman, (Antara Sumbar) - Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara Pertamina di Bandara Internasional Minangkabau Ridwan menyebutkan pembuatan taman terumbu karang di perairan Pariaman dapat membantu menyelamatkan ekosistem bawah laut di daerah itu.

"Taman terumbu karang tersebut sangat membantu perkembangbiakan biota laut seperti ikan, terumbu karang, penyu, plankton dan lain sebagainya," katanya di Pariaman, Sumatera Barat, Rabu.

Ia mengatakan, selain bertujuan menyelamatkan lingkungan hidup khususnya perairan, taman terumbu karang tersebut juga berdampak pada peningkatan kunjungan pariwisata dan ekonomi masyarakat setempat.

"Kasus isu lingkungan hidup merupakan salah satu kajian dan perhatian pemerintah termasuk Pertamina," ujarnya.

Ia menyebutkan pemberian dana corporate social responsibility (CSR) untuk pembuatan taman terumbu karang tersebut merupakan kelanjutan dari upaya penyelamatan lingkungan hidup di daerah itu.

Sebelumnya, Pertamina juga membantu pengembangan konservasi penyu di Kota Pariaman.

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan, pemerintah setempat mendukung penuh kerja sama Pertamina dengan komunitas Tabuik Diving Club (TDC) dalam menyelamatkan ekosistem laut.

Ia menilai berbagai kerusakan terumbu karang di sekitar perairan kota itu akibat ulah pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kerusakan terumbu karang, ujar dia, berimbas kepada ekonomi masyarakat setempat. Sebagai contoh, hasil tangkapan nelayan semakin sedikit karena terumbu karang pusat ikan bersarang sudah rusak.

"Pemerintah akan mendukung penuh rencana pembuatan taman terumbu karang sehingga berdampak pada kunjungan pariwisata dan ekonomi masyarakat luas," katanya.

Sementara itu, Ketua TDC Kota Pariaman Aksa Prawira TDC Kota Pariaman akan menanam sebanyak 1.500 bibit terumbu karang di sekitar perairan daerah itu.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan media substrat sebanyak 1500 unit yang terbuat dari komponen besi, semen dan pasir.

Ribuan bibit terumbu karang tersebut akan ditanam di dasar laut dengan kedalaman tujuh meter berbentuk terowongan.

"Konsep taman laut yang direncanakan seperti sebuah terowongan berbentuk huruf U. Terowongan itu akan berfungsi menyelamatkan ekosistem laut seperti tempat ikan bertelur," ujar dia. (*)