BNPT Ajak WNI di Jepang Waspadai Terorisme

id BNPT, Terorisme

BNPT Ajak WNI di Jepang Waspadai Terorisme

(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak warga negara Indonesia di Jepang untuk mewaspadai dan mengantisipasi bahaya terorisme.

Seperti disampaikan dalam keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo yang diterima di Jakarta, Senin, Direktur Perangkat Hukum Internasional BNPT Yuniar Ludfi mengingatkan di tengah semakin gencar upaya propaganda dan rekrutmen oleh kelompok teroris, BNPT mendorong masyarakat Indonesia di dalam maupun luar negeri untuk cerdas mencerna informasi yang beredar di dunia maya.

Dalam acara temu BNPT dengan masyarakat Indonesia di Tokyo dan sekitarnya di KBRI Tokyo pada Minggu (23/7) itu, BNPT juga mengimbau WNI di luar negeri, khususnya di Jepang, untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lebih lanjut BNPT mengajak masyarakat Indonesia di Jepang untuk bergabung dengan komunitas Pusat Media Damai (PMD) yang dapat diakses dengan mudah melalui media sosial.

"Diharapkan melalui penyebaran informasi pencegahan terorisme melalui PMD dapat membantu mengedukasi masyakarat mengenai terorisme," ujar Yuniar lagi.

Menurut Yuniar, komunitas digital itu merupakan salah satu upaya Pemerintah Indonesia untuk menjawab tantangan dinamika propaganda dan rekrutmen terorisme akhir-akhir ini terus berkembang.

Dia menambahkan bahwa pada era modern yang didominasi oleh peran media sosial, rekrutmen dan propaganda terorisme diselenggarakan secara lebih terbuka dan dengan menggunakan pendekatan melalui media sosial yang populer di kalangan masyarakat.

"Hal ini menunjukkan terjadi pergeseran dari metode rekrutmen di masa lalu yang umumnya dilakukan secara tertutup dan melalui pendekatan secara langsung," ujar dia.

Temu masyarakat di Jepang itu merupakan bagian dari rangkaian penyebarluasan informasi mengenai bahaya terorisme dan perlindungan WNI dan kepentingan nasional secara aktif diselenggarakan BNPT di berbagai negara.

Kegiatan tersebut diselenggarakan bertepatan dengan kunjungan kerja Delegasi BNPT ke Tokyo, sekaligus sebagai bagian dari strategi nasional pencegahan terorisme melalui program pembinaan masyarakat Indonesia di luar negeri. (*)