Politeknik Padang Bekali Mahasiswa Pendidikan Dasar Kedisiplinan

id Politeknik Padang, Diksarlin

Padang, (Antara Sumbar) - Politeknik Negeri Padang, Sumatera Barat memberikan pendidikan dasar kedisiplinan kepada 1.324 mahasiswa baru di Sekolah Calon Tamtama B Rindam I Bukit Barisan, Padang Panjang.

"Setiap tahun kita ada diksarlin di Secata B Padang Panjang untuk melatih kedisiplinan pada saat menjalani kuliah nanti," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan PNP, Maidar di Padang, Senin.

Ia menyampaikan dalam pendidikan dasar kedisiplinan (diksarlin) tersebut, mahasiswa baru akan dilatih berbagai dasar kedisiplinan oleh tentara dan instruktur yang sudah berpengalaman.

Keberangkatan dibagi dalam tiga gelombang menggunakan bus kampus karena jika sekaligus akan terlalu ramai dan kurang efektif.

"Satu gelombang akan kami berangkatkan sekitar 400 lebih mahasiswa baru," ujarnya.

Gelombang pertama akan berangkat pada 25 Juli dan kembali ke kampus pada 30 Juli, sementara untuk keberangkatan kedua akan tiba di Secata B tanggal 30 Juli dan selesai tanggal 4 Agustus 2017.

Untuk gelombang ketiga dijadwalkan tiba di secata B tanggal 4 Agustus dan kembali ke kampus 9 Agustus 2017.

"Jadi sistemnya ketika satu gelombang sudah kembali ke Padang, maka gelombang selanjutnya langsung menggantikan dan tiba di sana," katanya.

Diksarlin tersebut sudah menjadi agenda setiap tahun, untuk membentuk karakter mahasiswa yang lebih disiplin dan bertanggung jawab, terangnya.

Diksarlin sudah menjadi bagian dari pendidikan di PNP sebab dari kegiatan ini akan dapat membentuk mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja.

"Jika tahun ini mahasiswa baru tersebut benar-benar tidak bisa mengikuti, maka mereka akan bergabung pada diksarlin tahun depannya," kata dia.

Seorang mahasiswa baru PNP yang diterima di Jurusan Mesin, Fauzi Nofriandi menyebutkan, siap berangkat ke Padang Panjang.

"Ini bagian dari proses pendidikan, suka tidak suka harus berangkat dan tentu ini untuk kebaikan diri sendiri dalam menghadapi kuliah nanti," katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat dan perubahan pada pribadinya nanti sehingga dapat menjalani perkuliahan dengan lebih semangat dan menyerap ilmu dengan baik. (*)