Program Pembangunan Berwawasan Kesehatan Jadi Komitmen, Enan Tatanan Verifikasi

id #Sijunjung Sehata #Forum kabupaten sehat

Program Pembangunan Berwawasan Kesehatan Jadi Komitmen, Enan Tatanan Verifikasi

Pembanguna berwawasan kesehatan jadi prioritas Pemkab Sijunjung. (c)

Muaro (antara) Program berwawasan kesehatan menjadi komitmen pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan amanat tentang sitem perencanaan pembangunan nasional, maka digelar rapat forum kabupaten sehat lintas sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Rapat yang dilaksanakan dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), maka salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan dalam proses penyusunan rencana kerja SKPD adalah menggelar forum OPD, di Operation Room Kantor Bupati Sijunjung, Senin.

Acara dihadiri Asisten II, Kepala Organisasai Perangkat Daerah (OPD), Ketua Forum Kabupaten Sehat, Tim Teknis dan Koordinator Teknis Tatanan.

Ketua Pembina Kabupaten Sehat, dr.Edwin Suprayogi mengatakan, ada enam tatanan verifikasi kabupaten sehat 2017 yaitu tatanan sarana prasarana sehat, tatanan kehidupan sehat mandiri, tatanan hutan sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan parawisata sehat, dan tatanan industri dan perkantoran sehat.

Tatanan tersebut bertujuan untuk sasaran kegiatan program kabupaten sehat yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan di kabupaten.

Menurut dia, dengan adanya forum ini diharapkan program dan kegiatan dapat lebih terarah sesuai dengan target kinerga yang telah ditetapkan.

Justru itu, diperlukan komitmen dan konsisten dalam menyinergikan program dan kegiatan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten/kota.

Tujuan kegiatan ini, kata dia, tercapainya kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat berkerja dan berkarya bagi warga.

"Dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat," ujar Asisten II Sekdakab.*