Pemkab Mentawai Imbau Masyarakat Malakopak Bentuk Pokdarwis

id Pokdarwis

Pemkab Mentawai Imbau Masyarakat Malakopak Bentuk Pokdarwis

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). (cc)

Mentawai, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau masyarakat di Desa Malakopak, Kecamatan Pagai Selatan, membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengembangkan potensi wisata di daerah itu.

Kepala dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Seminora di Tuapejat, Senin, menyebutkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke desa tersebut untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pembentukan Pokdarwis.

"Kami menginginkan Pokdarwis tersebut terbentuk murni dari keinginan masyarakat dan kelompok pemuda, agar pengelolaan potensi wisata di daerah itu memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, potensi wisata di desa Malakopak, Kecamatan Pagai Selatan, cukup beragam, selain memiliki ombak untuk bermain surfing (selancar), ada juga Pantai Malakopak, Pantai Pamintaijat yang ada dinding batu bersatu dengan goa.

Semua potensi tersebut katanya saat ini membutuhkan pengelolaan berbasis masyarakat serta bagaimana menciptakan rasa aman bagi wisatawan yang bekunjung ke daerah itu.

Selain itu, pembentukan Pokdarwis akan menunjang tingkat perekonomian masyarakat setempat dengan menjual berbagai "souvenir" khas Mentawai, termasuk makanan unik dari daerah setempat.

"Nantinya Pokdarwis itu bisa menaungi kelompok-kelompok yang bergerak dalam pembuatan kerajinan tangan atau makanan," katanya.

Memaksimalkan rumah masyarakat sebagai penginapan alternatif bagi pengunjung atau wisatawan juga memberikan dampak ekonomi bagi penduduk setempat.

"Tinggal bagaimana menjaga penginapan tersebut bersih, nyaman dan aman, serta menarik untuk ditempati," katanya.

Ia menambahkan, jika Pokdarwis terbentuk nantinya juga berperan menjaga ketertiban pengunjung serta menjamin rasa aman bagi pengunjung serta menjaga kebersihan lokasi objek wisata.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam pembentukan Pokdarwis, pihaknya akan melakukan pendampingan berkesinambungan agar kelompok tersebut berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif.

Kepala Desa Malakopak Sudirman mengatakan, pihaknya antusias terhadap pembentukan Pokdarwis tersebut, ia berharap masyarakat secepatnya menyusun pengurus Pokdarwis dan membuat acuan kerjanya.

"Kami dalam waktu dekat akan melakukan komunikasi dengan pihak Disparpora kabupaten, untuk merumuskan kegiatan yang akan dilakukan jika sudah terbentuk Pokdarwis," katanya.

Ia optimistis Pokdarwis Malakopak akan memberikan serta berperan mengembangkan destinasi pariwisata di "Bumi Sikerei" itu. (*)