Peserta Jambore Koperasi Pemuda Hasilkan Deklarasi Pagaruyung

id peserta

Peserta Jambore Koperasi Pemuda Hasilkan Deklarasi Pagaruyung

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Zirma Yusri (kiri) menyerahkan piala kepada juara lomba saat acara penutupan Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar tingkat SLTA di Bumi Perkemahan Pagaruyung, Sabtu (22/7). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Ratusan peserta Jambore Koperasi Pemuda se-Sumatera Barat bertekad akan melaksanakan lima poin yang tertuang dalam Deklarasi Pagaruyung.

Deklarasi Pagaruyung dibacakan Duta Koperasi Pemuda Sumbar, Ahmad Vauza dan Afifah Aulia pada acara Penutupan Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar, Sabtu, 22 Juli 2017 di Bumi Perkemahan Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, diikuti sekitar 360 peserta jambore.

Lima poin Deklarasi Pagaruyung itu adalah pertama memasukan ekonomi koperasi dalam kurikulum sekolah menengah sebagai cikal bakal enterpreniur pemuda Sumbar, kedua mengeksistensikan koperasi di sekolah dan melaksanakan kegiatannya di seluruh tingkatan.

Ketiga, ikut serta dalam setiap pelaksanaan program pemerintah menyosialisasikan pengembangan koperasi, keempat menggerakan ekonomi masyarakat nagari melalui program satu nagari satu koperasi, dan kelima melaksanakan jambore koperasi pemuda sebagai agenda tahunan untuk meningkatkan minat generasi muda di bidang perkoperasian.

Selain Deklarasi Pagaruyung, peserta jambore juga menghasilkan Ikrar Koperasi, dimana mereka sepakat berjanji akan berkoperasi dengan landasan Tuhan Yang Maha Esa, mengoptimalisasikan manajemen kerja untuk memajukan koperasi, menjunjung tinggi atas kekeluargaan dan gotong royong.

Kemudian, ikut serta dalam memajukan ekonomi kreatif masyarakat, dan menjadikan koperasi sebagai orientasi masa depan bangsa.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Zirma Yusri mengapresiasi peserta jambore yang telah menghasilkan dua komitmen penting yakni Deklarasi Pagaruyung dan Ikrar Koperasi.

"Peserta jambore telah mencatatkan sejarah baru dan dua kesepakatan itu akan kita laporkan kepada Bapak Gubernur," katanya.

Ketua Panitia Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar, Mirwan Pulungan mengatakan kegiatan ini merupakan ajang untuk mencari kader-kader muda bidang perkoperasian yang digelar dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi ke70 berlangsung pada 19 sampai 22 Juli 2017.

"Kegiatan Jambore Koperasi Pemuda ini diikuti oleh kontingen perwakilan dari 18 kabupaten/kota, terdiri dari 20 orang peserta dan 2 orang pendamping," katanya.

Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mengharapkan dari kegiatan jambore koperasi akan melahirkan kader muda untuk pengembangan usaha koperasi di Sumbar.

Kegiatan jambore koperasi Ini hendaknya memunculkan kader muda sehingga mereka lebih menguasai koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan jambore koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah daerah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal.

Pada kesempatan itu, diumumkan para pemenang lomba yakni Lomba Pidato, Juara 1 diraih SMKN 1 Painan, Juara 2 SMKN 1 Solok Selatan, Juara 3 SMAN 1 Payakumbuh. Untuk Lomba Kontingen Terfavorit, Juara 1 SMKN 1 Gunung Talang Solok, Juara 2 SMKN 1 Kotobaru Solok, Juara 3 SMKN 2 Bukittinggi.

Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara 1 Teguh Iza (SMKN 1 Sijunjung), Juara 2 Aldi (SMKN 2 Bukittinggi), Juara 3 Mutia (SMKN 1 Payakumbuh), Lomba Simulasi Rapat Anggota Tahunan, Juara 1 SMKN 2 Bukittinggi, Juara 2 SMKN 1 Sijunjung, Juara 3 SMKN 1 Sawahlunto.

Lomba Debat Koperasi, Juara 1 SMAN 1 Padang, Juara 2 SMKN 1 Sawahlunto, Juara 3 SMAN 1 Lubuk Alung. Lomba Tenda Terfavorit, Juara 1 SMKN 1 Gunung Talang, Juara 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping, Juara 3 SMKN 2 Padang. Lomba Yel-Yel Koperasi Terfavorit diraih tuan rumah SMAN 1 Batusangkar. Sementara untuk Juara Umum diraih SMKN 1 Gunung Talang dengan nilai 82,67. (*)