Agam Salurkan Uang Pembinaan untuk 150 Atlet

id atlet

Agam Salurkan Uang Pembinaan untuk 150 Atlet

Ilustrasi - Atlet cabang karate. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan menyalurkan bantuan uang pembinaan untuk 150 atlet daerah itu, agar mereka dapat meningkatkan prestasi pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV/2018 di Padangpariaman.

Kepala Bidang Olahraga, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Jufri di Lubukbasung, Kamis, mengatakan, bantuan ini akan diserahkan setelah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat mengirimkan nama-nama atlet yang akan mendapatkan bantuan.

"Kita telah menyurati KONI untuk segera mengirimkan nama-nama atlet yang akan mendapatkan bantuan pembinaan tersebut," katanya.

Setelah nama itu diterima, katanya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan KONI akan melakukan verifikasi terkait data yang dikirim tersebut.

"Verifikasi ini akan dilakukan pada akhir Juli 2017 dan diperkirakan diserahkan pada Agustus 2017," katanya.

Ia menambahkan, syarat atlet yang akan mendapatkan bantuan yakni, atlet berprestasi semenjak 2016 sampai 2017 dan bisa memperkuat Agam saat Porprov XV di Padangpariaman pada 2018.

Uang pembinaan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 dengan total dana sebesar Rp150 juta.

"Ini bentuk perhatian pemerintah kepada atlet berprestasi, agar mereka bisa mempertahankan prestasinya sehingga pada Porprov XV nanti Agam meraih peringkat dua besar," tambahnya.

Pada Porprov XIV di Kota Padang 2016, Agam meraih peringkat tiga besar setelah meraih 54 medali emas, 50 medali perak dan 59 medali perunggu.

"Perolehan ini sesuai dengan target KONI Kabupaten Agam dan kita berharap target pada Porprov nanti akan tercapai," katanya.

Pelatih Tarung Derajat Agam, Darman Syarif mendukung pemerintah memberikandana pembinaan tersebut agar bisa memotivasi atlet lainnya untuk meraih prestasi.

"Dengan cara ini, atlet yang tidak meraih medali akan termotivasi sehingga mereka giat berlatih demi meraih prestasi," katanya. (*)