Padang Peringati Gugurnya Pahlawan Bagindo Azis Chan Ke 70

id Mahyeldi

Padang Peringati Gugurnya Pahlawan Bagindo Azis Chan Ke 70

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Masyarakat Kota Padang dan sekitarnya memperingati hari gugurnya pahlawan nasional Bagindo Azis Chan ke-70 dengan melaksanakan upacara di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat, Rabu.

Dari pantauan ,upacara ini dipimpin oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah sejak pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari kelompok pemuda dan siswa sekolah.

"Upacara ini sebagai penghargaan kepada Bagindo yang banyak berjasa untuk kota Padang," kata Mahyeldi Ansharullah yang didampingi keturunan Bagindo Azis Chan, Fathiah Aidil selepas upacara.

Dia menyebutkan upacara ini sebagai puncak kegiatan peringatan wafatnya Bagindo Azis Chan.

Sebelumnya Dinas Pemuda dan Olahraga bersama berbagai forum pemuda se kota Padang melaksanakan Napak Tilas perjuangan Bagindo Azis Chan yang dimulai sejak Senin (18/7) malam.

Napak tilas yang diikuti oleh karang taruna, Komite Nasional Pemuda Indonesia, dan kelompok pemuda lainnya serta peserta dari luar Padang dilakukan dengan berjalan melewati beberapa lokasi tempat perjuangan Bagindo Azis Chan.

Hal ini dilakukan untuk mengenang sekaligus mengingat perjuangan sekaligus hasil upaya Bagindo Azis Chan dalam membangun kota.

"Secara khusus upacara dan napak tilas ini diperuntukkan bagi pemuda dalam merintis nasionalisme dan rasa kebangsaan Indonesia," ujarnya.

Sementara itu hampir sama dengan tahun sebelumnya Napak Tilas dilakukan dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota Aia Pacah kemudian ke Daerah Tunggu Hitam, lanjut ke Simpang Kemerdekaan, Pantai Padang, Tugu Gempa dan berakhir di Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo Ganting sebelum melakukan ziarah ke Bukittinggi.

Dalam kegiatan ini juga diberi penghargaan bagi peserta juara satu, dua, tiga dalam kota dan luar kota, peserta terheboh, terunik dan terobsesi serta hadiah door prize. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar