Basmi Rabies, Dinkes Pasaman Barat Basmi Anjing Gila

id Anjing Rabies

Basmi Rabies, Dinkes Pasaman Barat Basmi Anjing Gila

Tim gabungan Dinas Kesehatan Pasaman Barat saat membasmi anjing gila karena sudah meresahkan masyarakat. (ANTARA SUMBAR/ Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, membasmi anjing gila di Simpang Empat karena meresahkan masyarakat.

"Anjing gila itu sangat meresahkan karena orang tua takut anak-anaknya digigit ketika bermain dan terjangkit penyakit rabies," kata Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Simpang Empat Kla Cipta di Simpang Empat, Rabu.

Menindaklanjuti laporan masyarakat, tim gabungan dari Dinkes turun ke lapangan untuk merazia anjing gila yang berkeliaran di sekitar permukiman masyarakat.

Setelah menggelar razia selama satu hari, petugas menangkap sedikitnya tujuh belas ekor anjing liar dengan bemodalkan jaring. Selanjutnya anjing-anjing itu disuntik mati.

Menurut Cipta, razia anjing liar akan terus digelar secara berkala di wilayah Pasaman Barat guna mengantisipasi menyebarnya penyakit rabies.

Razia dilakukan terutama untuk daerah yang dianggap rawan atau berdasarkan laporan masyarakat yang melihat anjing liar atau binatang lain yang membahayakan.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki anjing agar melakukan vaksin atau suntik anti rabies dan mengikat binatang piaraannya itu.

"Jangan biarkan anjing itu berkeliaran di tengah masyarakat," kata dia. (*)