BPJS Berikan Pemahaman Kesehatan Pada Anak Mentawai

id BPJS Kesehatan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sistri Sembodo (empat dari kiri) memberikan penjelasan terkait kegiatan ulang tahun ke-49 instansi tersebut. (Novia Harlina/Antara Sumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang, Sumatera Barat, akan memberikan pemahaman kesehatan kepada anak-anak sekolah dasar di Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam rangka memperingati HUT-nya yang ke-49 pada Rabu (18/7).

"Pemberian pemahaman kesehatan akan dilaksanakan di SD Negeri 13 Tua Pejat, ini merupakan program nasional yang dilakukan serentak di 13 sekolah dasar di luar Provinsi Sumbar," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sistri Sembodo di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan edukasi kesehatan yang dilakukan yakni olahraga bersama anak dan orang tua di sekolah, pemeriksaan kesehatan telinga, gigi dan mulut, dan edukasi lainnya yang dapat menambah pengetahuan anak-anak.

Tujuan dari kegiatan ini, jelasnya meningkatkan kesadaran siswa, orang tua, pihak sekolah dan masyarakat sekitar untuk menanamkan budaya pola hidup sehat sejak dini.

"Kemudian juga meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama," kata dia.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat benar-benar mengedukasi anak-anak dan masyarakat sekitar terutama untuk meningkatkan kepedulian kebersihan.

"Selain itu kami juga ingin menunjukkan kepada para pelajar betapa mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat, cukup dengan rajin gosok gigi, cuci tangan, dan senam setiap hari," ujarnya.

Dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat, ke depannya diharapkan jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sakit menurun sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada program edukasi kesehatan lainnya, terangnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Safwan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPJS Kesehatan tersebut.

"Kegiatan ini akan bermanfaat untuk anak-anak dan masyarakat sekitar sekolah," sebutnya.
Ia berharap kegiatan ini dapat rutin dilakukan sehingga pengetahuan anak-anak untuk pentingnya menjaga kesehatan terus bertambah. (*)


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar