Gubernur Sumbar Terima Setyalancana, Tertinggi Bidang Kependudukan

id #Gubernur Sumbar #Penghargaan Kependudukan

Gubernur Sumbar Terima Setyalancana, Tertinggi Bidang Kependudukan

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima penghargaan Satyalancana pembangunan dari Presiden RI berdasarkan Surat Keputusan Nomor 59/TK/Tahun 2017 tertanggal 21 Juni 2017, yang diserahkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.Penyerahan penghargaan tertinggi di bidang Kependudukan itu, pada momentum puncak Harganas di Bandar Lanpung, Sabtu. (c)

Bandar Lampung, (antarasumbar) Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima penghargaan Satyalancana pembangunan dari Presiden RI berdasarkan Surat Keputusan Nomor 59/TK/Tahun 2017 tertanggal 21 Juni 2017, yang diserahkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

Penyerahan penghargaan tertinggi di bidang Kependudukan itu, pada momentum puncak Harganas di Bandar Lanpung, Sabtu. Gubernur Sumbar satu-satunya gubernur di Indonesia yang menerima Satyalancana Pembangunan Bidang Kependudukan tahun 2017 dari Presiden RI.

"Alhamdulillah, Pemprov Sumbar kembali raih penghargaan tingkat nasional. Pak Gubernur Irwan Prayitno sudah menerima penghargaan Satyalancana," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumbar, Novrial, MA, Akt melalui rilis Plh. Kadis Puti Reno Sari, MSi didampingi Kabid Keluarga Berencana dan Kesejahteraan Keluarga Roza Ariyanti, MT diterima di Padang, Sabtu.

Penghargaan hasil atas dedikasi membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program kependudukan sesuai kearifan lokal melalui penerbitan kebijakan.

Selain itu, alokasi anggaran dan penyediaan sarana dan prasarana KB, pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam pembangunan keluarga sejahtera melalui kelompok UPPKS, sehingga tercapai TFR 2,6 persen dan laju pengendalian penduduk 1.33 persen.

Upaya dilakukan tentu tidak terlepas arahan dan motivasi yang diberikan gubernur kepada OPD bidang kependudukan yang selalu bersinergis dengan BKKBN wilayah Sumbar.

Yang selalu turun memberikan sosialisasi, motivasi dan mengerakan program KB dan juga mendorong perekonomian masyarakat dalam membentuk keluarga kecil yang sehat dan sejahtera di Sumbar.

"Pak, Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, penghargaan diterima adalah untuk masyarakat Sumatera Barat, dan para pemangku kepentingan peduli memperhatikan kebaikan keluarga dan menyiapkan anak-anak sehat dan cerdas," katanya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Provinsi Lampung banyak kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya Pembukaan Gelar Dagang Nasional yang diikuti oleh 34 provinsi dan 15 kabupaten/kota Se-Indonesia serta berbagai UMKM provinsi itu.

Selain itu, ada kegiatan Kegiatan Kemah Keluarga Indonesia dan kegiatan pemberiaan penghargaan kepada kabupaten/kota pemenang dalam lomba PKK-KB-Kesehatan Tahun 2017 oleh Kepala BKKBN beserta Ketua Umum TP PKK dan Ketua TP PKK. ***