UIN IB Padang Gelar Lokakarya BMN

id UIN IB, Lokarya

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang, Sumatera Barat, menggelar lokakarya dalam rangka memperbaiki pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 14 hingga 16 Juli 2017.

Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan UIN IB Padang, Khairunas di Padang, Sabtu mengatakan kegiatan ini melibatkan 50 orang peserta di selingkungan UIN.

"Peserta terdiri atas pejabat penanggungjawab pengelolaan BMN dan operator Sistem Informasi Manajemen Akuntansi BMN (SIMAK-BMN) kampus," katanya.

Ia menyebutkan melalui lokakarya ini diharapkan akan ada peningkatan kompetensi sumberdaya pengelola administrasi BMN yang ada.

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis dalam pengelolaan, pihaknya menggandeng Tim dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang.

Selain itu sebagai narasumber juga diundang Kepala Biro Keuangan dan BMN pada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) untuk menyampaikan kebijakan Kementerian Agama dalam pengelolaan BMN.

"Dengan ini nantinya diharapkan pengelola BMN dapat mengetahui aturan dan kebijakan kementrian dalam pengelolaan BMN," kata dia.

Ia menegaskan agar para pengelola BMN menjadikan kegiatan ini sebagai bekal untuk mengelola tertib administrasi BMN agar semakin baik.

"Jangan sampai UIN Imam Bonjol Padang menjadi penyumbang negatif terhadap opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diperoleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan susah payah," tegasnya.

Sementara itu Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag, Syihabuddin Latief menekankan agar laporan keuangan di tahun 2017 dan selanjutnya harus dibenahi dan menjadi perhatian seluruh pengelola anggara tanpa kecuali.

"Terkait aset BMN yang termasuk bagian terpenting Sistem Akuntansi Berbasis Akrual (SAIBA) pencatatan dan pelaporannya harus bebas dari salah saji," katanya. (*)