67,8 Persen Warga Tanah Datar Ikut JKN

id Jaminan Kesehatan Nasional, Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi

67,8 Persen Warga Tanah Datar Ikut JKN

Kartu BPJS Kesehatan. (ANTARA FOTO)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengatakan sebanyak 229.333 orang atau mencapai 67,8 persen warga daerah itu telah ikut program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Mereka telah mempunyai kartu JKN," katanya saat acara rapat koordinasi pimpinan RSUD se-Sumbar di Batusangkar, Kamis.

Dalam rapat koordinasi dengan tema percepatan klaim JKN rumah sakit itu, Bupati menyebutkan warga Tanah Datar yang ikut program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) terintegrasi JKN sebanyak 62.279 orang, program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sebanyak 113.956 orang.

Kemudian, program asuransi kesehatan (Askes) Aparatur Sipil Negara sebanyak 33.521 orang, program Asabri dan Aspol bagi anggota TNI dan Polri sebanyak 6.310 orang, dan program BPJS Kesehatan mandiri sebanyak 13.267 orang.

"Sasaran pemerintah dari program JKN ini adalah seluruh penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan pada 1 Januari 2019, dimana untuk Sumbar, Tanah Datar sebagai pilot proyek," tambahnya.

Ia mengharapkan dengan program Jamkesda akan dapat merangkum seluruh masyarakat miskin atau kurang mampu yang belum mempunyai jaminan kesehatan.

"Sementara Badan Amil Zakat (BAZ) Tanah Datar juga punya komitmen untuk membantu masyarakat miskin yang sedang sakit dapat dibayarkan premi jaminan progam JKN selama satu tahun," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Merry Yuliesday mengatakan program JKN ini bersifat wajib dimana pada 2019 seluruh masyarakat sudah memiliki jaminan kesehatan sehingga sosialisasi program ini terus ditingkatkan.

Ia menyebutkan pelaksanaan program JKN sampai saat ini terdapat banyak perubahan peraturan pelaksananya sehingga diharapkan instansi terkait dapat segera memahaminya dan tidak mengakibatkan terganggunya pelaksanaan program JKN. (*)