Tingkatkan Pengelolaan Objek Wisata, Pemkab Dharmasraya Bentuk Pokdarwis

id Pokdarwis, Dharmasraya, Objek Wisata

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat, akan membentuk kelompok sadar wisata atau Pokdarwis sebagai langkah untuk meningkatkan pengelolaan objek wisata di daerah itu.

"Kami pada tahap awal menargetkan terbentuk 11 nagari atau satu kecamatan terdapat satu kelompok sadar wisata," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Pemuda Dan Olahraga setempat, Benny Mandala Putra di Pulau Punjung, Kamis.

Menurut dia peran masyarakat cukup besar dalam mengembangkan potensi wisata di wilayah masing-masing, karena sektor wisata tidak dapat berjalan optimal hanya mengandalkan program Dinas Pariwisata.

"Penyuluhan untuk membentuk pokdarwis di setiap objek wisata dan Nagari akan digencarkan tahun ini, sehingga diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sektor pariwisata dapat meningkat juga," ujarnya.

Selain dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan, lanjutnya keberadaan pokdarwis juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar objek wisata, seperti penjualan cinderamata atau produk kreatif nagari (desa adat) kepada wisatawan yang berkunjung di sana.

"Kalau pemerintah dan pokdarwis dapat bekerja sama mengembangkan potensi wisata dengan baik, saya berharap warga tidak perlu melakukan perjalanan ke luar daerah untuk plesiran karena cukup berkeliling Dharmasraya memiliki potensi objek wisata yang tidak kalah dengan daerah lain," ujarnya.

Ia mengatakan pokdarwis diharapkan mampu menerapkan program sapta pesona yakni keamanan, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

"Wisatawan perlu keamanan dan kenyamanan saat berkunjung ke objek wisata, sehingga pokdarwis harus bisa memastikan bahwa wisatawan tersebut benar-benar aman, kemudian lokasi wisata bersih dari sampah, dan masyarakat harus ramah kepada wisatawan," katanya.

Ia mengatakan Dharmasraya memiliki potensi pariwisata budaya dan sejarah yang dapat dikembangkan dan diharapkan mampu menggerakan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia berharap dukungan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan termasuk generasi muda dalam menggali potensi pariwisata daerah ke masyarakat luas. (*)